MAA Aceh Utara gelar pelatihan Peradilan Adat

MAJELIS Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Utara menggelar pelatihan Peradilan Adat yang diikuti para pemangku adat, di gedung Ash-Shiddiqy, Mongeudong, Lhokseumawe, Selasa, 7 Mei 2013. Pelatihan tersebut dibuka oleh Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib atau Cek Mad.  

Ketua panitia pelatihan, Tgk. Usman mengatakan kegiatan ini diikuti 80 peserta mewakili pengurus MAA kabupaten, pengurus MAA kecamatan, panglima laot, keujruen blang, pawang glee, aktivis LSM dan perwakilan mahasiswa Aceh Utara.

“Ini pelatihan pertama tentang Peradilan Adat di Aceh Utara. Kita harapkan setelah pelatihan ini, para pemangku adat mampu mengambil keputusan dalam penyelesaian berbagai kasus yang terjadi di kecamatan dan gampong,” kata Usman yang juga Sekretaris MAA Aceh Utara kepada ATJEHPOSTcom seusai seremoni pembukaan pelatihan.  

Menurut Usman, adat yang berkembang secara terpelihara dan tidak bertentangan dengan hukum agama menjadi hukum adat. “Adat adalah kebiasaan yang berkembang di tengah masyarakat yang tidak bertentangan dengan agama,” katanya.

Dalam pelatihan yang dilaksanakan dua hari, Selasa-Rabu, 7-8 Mei 2013, kata Usman, panitia menghadirkan sejumlah narasumber. Di antaranya, Ketua MAA Aceh Utara Abdul Aziz, pengurus MAA Aceh Utara Isa Ansari dan Ketua MAA Provinsi Aceh Badruzzaman Ismail.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply