LSM: Penguatan Kapasitas Gampong di Aceh Timur Sangat Penting

IDI – Upaya meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat yang sejalan dengan visi-misi Bupati-Wakil Bupati Aceh Timur harus diawali dari gampong. Hal ini dikatakan Masri, Ketua LSM Syarikat Pemuda Independen Aceh Timur, kepada The Atjeh Post, Kamis 11 Oktober 2012.

“Maka perhatian terhadap gampong sangat penting terutama dalam hal penguatan kapasitas aparatur gampong seperti keuchik, tuha peut dan perangkat desa lainnya," ujar Masri.

Hal itu, kata dia, bertujuan agar tatakelola pemerintahan di gampong dapat berjalan dengan bagus. “Baik itu dalam aspek manajemen pemerintahan, tatakelola keuangan gampong, pembentukan qanun, tingkat pengawasan juga memahami tatacara usulan maupun pelaksanaan Muresbang," ujar Masri.

Upaya itu menurut dia sesuai dengan Undang-undang Nomor 32 tahun 2005, Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2005, Undang-undang Pemerintahan Aceh Nomor 11 tahun 2006 maupun Qanun Aceh Nomor 10 tahun 2008.

“Karena kita lihat selama ini sistem pengelolaan gampong masih amatir dan konvensional. Sehingga mereka sebagian besar tidak memahami kedudukan, tupoksi (tugas pokok dan fungsi), workshop serta studi banding untuk para geuchik," ujar Masri.

Menurut dia, agar ada sinergi kerja antar lembaga gampong, jika perlu dikeluarkan peraturan bupati tentang qanun gampong.[] (rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply