LSI: Warga Jakarta Dambakan Sosok Bang Ali

JAKARTA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei pemilihan kepala daerah DKI Jakarta. Dari hasil survei itu terungkap bahwa masyarakat Jakarta mendambakan sosok pemimpin seperti mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin.

Peneliti LSI, Toto Izul Fatah, mengatakan sosok Ali Sadikin sangat berpengaruh bagi masyarakat Jakarta.

"Di luar dugaan, ternyata yang menganggap Bang Ali sebagai figur ideal sebanyak 75,6 persen, figur tidak ideal atau biasa saja 12,3 persen dan tidak menjawab 12,1 persen," kata Toto dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu 27 Mei 2012.

Menurutnya, nama Ali Sadikin di mata warga Jakarta sangat melegenda. Masyarakat menganggap sosok Bang Ali mempunyai jasa yang besar bagi kota Jakarta. Bang Ali mempunyai jasa telah meletakkan fondasi dasar bagi Ibukota sebagai tempat seluruh suku bangsa.

"Termasuk kontroversialnya dalam kebijakan terhadap lokalisasi. Tapi apapun yang dilakukan Bang Ali, semangatnya sudah cukup kokoh sehingga mayoritas publik sudah ukup banyak mengenalnya," kata dia.

Alasan sosok Ali Sadikin dianggap ideal adalah karena keberaniannya mengawal Jakarta menjadi kota moderen yang diakui oleh 42,3 persen responden. "Sedangkan isu lainnya 35,8 persen," ujarnya.

Dia mengatakan sebagian besar publik atau 41,2 persen berkesimpulan dari enam calon gubernur tidak ada yang sama dengan Bang Ali. Namun, sebanyak 22,4 persen responden menganggap Fauzi Bowo lebih mendekati figur Bang Ali.

"Kemungkinan karena ketegasan dan karakter Foke yang sering dianggap keras, walaupun hanya dipilih oleh 22,4 persen," katanya.

Sedangkan Hidayat Nurwahid dianggap oleh 4,2 persen responden, Joko Widodo 8,6 persen, Faisal Bisri 3,1 persen, Alex Noerdin 5,2 persen, Hendardji Soepandji 2,8 persen dianggap oleh responden mendekati sosok Bang Ali. "Tidak tahu dan tidak menjawab sebanyak 12,5 persen," ucapnya. (ren) | sumber: vivanews

  • Uncategorized

Leave a Reply