Livina X-Gear, mobil keluarga urban

AKSEN kelir hitam di bagian bawah bodi menjadi ciri khas varian All New Nissan Grand Livina ini. Ada pula aplikasi roof rail dan gril V-Strut yang menambah kesan sporty.

“Kami keluarkan versi X-Gear untuk segmen keluarga yang gemar akan kegiatan olahraga dan outdoor sehingga X-Gear mampu mewakili gaya hidup tersebut," ujar Yoshiya Horigome, Vice President Director PT Nissan Motor Indonesia, akhir Mei 2013.

Hari itu, Nissan meluncurkan dua varian Livina terbaru, Grand Livina dan X-Gear. Varian terakhir ini mengusung karakter urban nan dinamis.

Lihatlah ke bumpernya yang dilengkapi under protector sehingga menjadikan mobil ini tampil lebih dinamis dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Lalu ada side over fender, real parking camera versi 1.8, dan side turn door mirror.

Grill depan yang desainnya bergerigi dipadukan dengan headlamp futuristik menjadikan X-Gear terkesan galak. Kesan kokoh hadir pada setiap alur udara yang menggurat sepanjang badan mobil, mulai dari lampu depan hingga lampu belakang. Kekokohan itu kian mengental dengan pelek palang 6 alloy berukuran 16 inci.

Lalu pada bagian interior, penumpang akan dimanjakan dengan black leather seat, intelligent key, monitor DVD, dan leather steering wheel. Nuansa hitam memang mendominasi. Sepintas terkesan sederhana. Untungnya beberapa ornamen kayu ditambahkan pada dashboard sehingga nuansa sedikit mewah. Warna beige juga diberikan untuk atap sehingga menjadi sedikit lebih cerah.

Jok pengemudi tidak terlalu ketat, tetapi tetap nyaman diduduki. Tempat jangkauan kaki juga terasa luas sehingga terasa nyaman bila bepergian jarak jauh. Jika sebelumnya varian X-Gear hanya memiliki kursi penumpang dua baris, kini tiga baris. Otomatis bisa mengangkut lebih dari lima penumpang.

X-Gear dibekali mesin 1.800 cc. Kapasitas sebesar itu, kata Yoshiya Horigome, merupakan kebutuhan pasar. X-Gear disebutnya produk spesial dari Nissan untuk konsumen yang juga spesial.

Kapasitas asli dari X-Gear sendiri adalah 1.798 cc dengan kode mesin MR18DE. Melalui kapasitas yang lebih besar, tenaganya menjadi 126 PS untuk rpm 5200 dengan torsi puncak 17.7 kg-m pada rpm 4.800.

Soal mesin, X-Gear menawarkan dua jenis. Ada 1.8 X-Gear transmisi manual seharga Rp250 juta dan 1.8 X-Gear automatic seharga Rp260 juta.

Untuk pilihan warna, Nissan memberikan enam pilihan, yaitu dark blue metallic, dark red metallic, grey metallic, diamond silver metallic, solid white dan solid black.

Kata-kata Family Sport MPV (Multi Purpose Vehicle) yang diusung mobil ini bukanlah isapan jempol belaka. X-Gear memang memiliki kesan sporty dan dinamis setidaknya bagi konsumen yang ingin ‘mencicipi’ rasa lain dari Nissan Livina terbaru. Cocok untuk keluarga aktif Indonesia.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply