Liverpool vs Newcastle: Rekor Buruk The Magpies

LAGA krusial bakal dilakoni anak asuh Alan Pardew–pelatih Newcastle– di matchdays ke-10 Liga Inggris saat bertandang ke Anfield Stadium untuk bertemu Liverpool, Minggu 4 November 2012, pukul 23.00 WIB.

Newcastle sudah 18 tahun tidak menang di Anfield. Pertarungan malam ini setidaknya membuat Demba Ba dkk harus berjuang mati-matian untuk meraih kemenangan. Selain itu untuk menghapus rekor buruk mereka di kandang Liverpool itu, kemenangan bisa membuat The Magpies–julukan Newcastle–tetap berada di posisi 10 besar klasemen sementara.

Kemenangan Liverpool di Anfield terakhir kali didapat pada April 1994. Saat itu mereka menang 2-0. Dua gol Newcastle diciptakan oleh Robert Lee (di menit 4) dan Andrew Cole (di menit 56).

Selain faktor sudah lamanya The Toon Army meraih kemenangan terakhir di Anfield, ada lagi catatan yang tampaknya bakalan sedikit menggangu pikiran Pardew.

Newcastle sampai kini belum sama sekali menang di laga tandang mereka di semua level kompetisi. Di tiga laga terakhir tandang mereka, Newcastle cuma meraup tiga poin dari tiga kali imbang.

Faktor-faktor nonteknis seperti ini terkadang sulit dilepaskan dari pikiran atau otak pelatih. Namun, terkadang statistik tersebut malah akan membuat tim yang tidak diunggulkan atau tertekan menjadi trengginas.

Hal itu sering terjadi contoh seperti laga Chelsea vs United di Capital One yang akhirnya dimenangi oleh Chelsea setelah 10 laga sebelumnya mereka tak pernah menang atas United baik di kandang sendiri maupun di Old Trafford Stadium.

Beruntung bagi kubu tamu mereka punya tukang gedor sangat kreatif, mulai dari Demba Ba, Pappis Cisse hingga Hatem Ben Arfa. Saat ini Demba Ba telah mengantongi tujuh gol dari sembilan laga di Liga Inggris.

Sayangnya, Ba masih diragukan tampil karena harus menjalani tes apakah sudah cukup fit untuk bertanding nanti malam.

Buat Liverpool sosok Luis Suarez sungguh penting. Namun, tingkah nakalnya terkadang sangat merugikan bagi tim. Terutama dengan diving yang sering sekali dia lakukan. Seakan dia tak jera melakukan itu.

Akan tetapi, aksi diving Suarez tidak menjadi masalah buat Brendan Rodgers, Manajer Liverpool. Bahkan sosok yang melambungkan nama Swansea City di musim lalu ini kembali membela anak didiknya untuk ke sekian kalinya.

Dia menyoroti pelatih atau pemain yang seakan hanya menghakimi sosok Suarez saja, padahal di luar sana masih banyak pemain yang melakukan hal tersebut.

"Saya meyakini hal ini hanya akan menjadi debat yang tidak ada akhirnya. Sekarang orang akan melihat diving sebagai sebuah masalah yang terjadi di setiap klub, semua melakukannya. Sungguh menggelikan hanya menyalahkan satu orang saja, karena setiap klub juga punya masalah tersebut," ujar Rodgers.

Yang pasti di pertandingan nanti ada yang akan dipertaruhkan oleh kedua tim. Apalagi kalau bukan tiga poin yang bisa mendongrak posisi mereka di papan klasemen sementara English Premier League.

Apakah Newcastle bakal berhasil mematahkan rekor buruk mereka di Anfield Stadium? Atau Anfield tetap “suci” dengan kekalahan The Magpies?

Prediksi: Liverpool 45 % – 55 % Newcastle United

  • Uncategorized

Leave a Reply