Lingonberry, buah asal Swedia yang ampuh turunkan tekanan darah

ANDA mungkin tak pernah mendengar nama buah ini, namun peneliti mengungkap bahwa buah asal Finlandia bernama lingonberry memiliki kandungan bahan kimia yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, lingonberry juga bisa mencegah serangan jantung.

Peneliti dari University of Helsinki di FInlandia mengungkap bahwa lingonberry kaya akan zat kimia yang bisa menurunkan tekanan darah dan membuat jantung lebih sehat. Hal ini ditemukan setelah mereka melakukan percobaan pada tikus.

Peneliti memberi makan tikus yang memiliki tekanan darah tinggi dengan jus lingonberry selama delapan minggu. Selama penelitian, ilmuwan mencatat tekanan darah dan detak jantung tikus. Hasilnya, mereka mengetahui bahwa tikus tersebut mengalami penurunan tekanan darah dan detak jantung.

"Sejauh pengetahuan kami, ini adalah penelitian pertama yang menguji efek jus lingonberry pada tekanan darah dan fungsi jantung," ungkap peneliti seperti dilansir oleh Daily Mail (21/07).

Lingonberry diketahui mengandung zat kimia bernama flanovol dan polyphenol yang baik untuk tekanan darah dan kesehatan jantung. Bahan ini bisa menurunkan kemungkinan serangan jantung.

Nama lingonberry sebenarnya berasal dari bahasa Swedia, namun buah ini bisa ditemukan di Finlandia atau negara Skandinavia lainnya. Lingonberry berbentuk merah bulat dan kecil, namun mengandung lebih banyak cairan daripada cranberry. | sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply