LG pecahkan rekor resolusi layar ponsel

BERAPA ukuran resolusi layar telepon seluler paling besar sekarang? Umumnya 1080 x 1920 pixel, seperti yang diusung Sony Xperia Z, Samsung Galaxy S4, LG G2 dan HTC One.

Ukuran itu dikenal dengan Full High Definition alias Full HD. Sebagai perbandingan, resolusi layar iPhone 5 hanya 640 x 1136 pixel.

Namun LG tak puas dengan layar ponsel pintar unggulannya, LG G2. Mereka mengembangkan layar ponsel dengan resolusi jumbo, 2560 X 1440 yang disebut Quad HD. Perusahaan yang berbasis di Korea Selatan itu mengklaim sebagai perusahaan pertama yang mengusung teknologi tersebut di layar ponsel. Quad HD memungkinkan pengguna menikmati layar kualitas Personal Computer tanpa distorsi. Full HD yang ada sekarang hanya menampilkan tiga perempat dari layar kualitas PC.

Dengan bentang 5,5 inci, layar ini bisa menghasilkan kerapatan 538 pixel per inch. Rahasia layar ini adalah penggunaan teknologi AH-IPS dan layar Low Temperature Poly-Silicon (LTPS). Layar ini bisa menghasilkan tingkat kecerahan 430 nits. "Dengan terobosan ini, LG Display akan terus meningkatkan standar baru untuk resolusi mobile," kata Byeong-koo Kim, Wakil Presiden dan Kepala bidang IT LG Display, Rabu, 21 Agustus 2013.

Layar dengan teknologi LPTS diprediksi akan jadi tren ke depan pada ponsel kelas atas. Menurut Firma Riset DisplaySearch, tahun depan pengapalan layar LTPS akan tembus 765 juta. Dengan LPTS, maka tampilan layar ponsel bisa lebih besar, resolusi lebih tinggi, dan konsumsi daya yang lebih kecil. | sumber: tempo

  • Uncategorized

Leave a Reply