Lenovo kini jadi produsen PC terbesar dunia

BERDASARKAN hasil penelitian agensi riset pasar, IDC dan Gartner, Lenove kini merupakan penyuplai PC (Personal Computer) terbesar di dunia.

Ini bukan pertama kalinya Lenovo mengalahkan HP dalam pertarungan produsen komputer global. Menurut laporan Gartner pada Oktober 2012, Lenovo telah menjadi produsen PC nomor satu pada kuartal ketiga 2012.

Menurut IDC, penjualan Lenovo telah mencapai 16,7 persen penjualan PC global pada kuartal kedua 2013. Jumlah ini meningkat 15 persen pada kuartal yang sama pada 2012.  Gartner juga menyatakan bahwa penjualan Lenovo mencapai 16,7 persen pasar global pada kuartal kedua 2013.

Pesaingnya, HP, menduduki posisi kedua dengan penjualan 16,3 persen dari pasar PC global. Peringkat ketiga diduduki oleh Dell dengan penjualan 11,8 persen, disusul Acer dengan 8,3 persen penjualan dan peringkat kelima diduduki oleh Asus dengan 6 persen penjualan.

"Pasar PC sedang berubah. Tapi, perangkat itu masih menghasilkan keuntungan US$ 200 miliar per tahun. Lenovo bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan dibanding kompetitor karena kami telah membangun keseimbangan selama 4 tahun. Kemenangan di pasar PC adalah tonggak sejarah dalam perjalanan panjang untuk menjadi pemimpin sejati dalam pasar PC,"kata CEO Lenovo, Yang Yuanqing.

Belum jelas apakah Lenovo akan lebih banyak memproduksi perangkat mobile dalam strategi jangka panjangnya. Sebab, menurut laporan Gartner, pengiriman PC di seluruh dunia pada kuartal kedua 2013 merosot hingga 10,9 persen ketimbang pada 2012. Sedangkan menurut IDC, pengiriman PC menyusust hingga 11,4 persen pada kuartal kedua 2013. | sumber: tempo

  • Uncategorized

Leave a Reply