Lebih dari 50 Ribu Warga Tak memilih di Bireuen

BIREUEN – Pemilih yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) tetapi tidak menggunakan haknya memberikan suara pada Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Aceh, Senin 9 April 2012 masih tinggi di Kabupaten Bireuen.

Dari data sementara dikutip di Posko Desk Pilkada Pemkab Bireuen, jumlah pemilih yang tidak memilih mencapai angka 50 ribu orang lebih. Dari DPT sejumlah 286.582, total suara keseluruhan semua calon yang masuk hanya 212.869 suara.

Nurdin, Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen Selasa 10 April 2012 mengatakan jumlah yang tidak memilih kali ini lebih tinggi dari Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2009 lalu.

“Partisipasi pemilih pada pileg dan pilpres mencapai 85 persen, pada Pilkada Aceh diperkirakan sekitar 75 persen,” katanya.

Mukhtaruddin, komisioner KIP Bireuen lainnya mengatakan selama ini, KIP Bireuen sudah menyosialisasikan Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Aceh 2012 ini dengan maksimal, baik melalui media cetak, elektronik, dan sosialisasi langsung melalui pertemuan dengan masyarakat.

Mukhtaruddin juga mengatakan sejauh ini hasil perolehan suara pilgub di belum diplenokan KIP Bireuen. Sehingga perolehan suara secara resmijuga belum diketahui. “PPK sendiri di setiap kecamatan juga belum plenokan perolehan suara,” ulasnya.

Sekalipun demikian, angka lebih dari 50 ribu pemilik hak suara yang tak memilih itu belum bisa dikatakan final, karena dari jumlah total suara itu belum diketahui berapa jumlah suara yang tidak sah (rusak).

“Begitu pun itu menjadi bahan evaluasi kami pada Pilkada Bireuen,” katanya. []

  • Uncategorized

Leave a Reply