Lama Dirahasiakan, CIA Buka Teka-teki Kemunculan UFO

LEMBAGA intelijen Amerika Serikat, CIA, akhirnya membuka rahasia tentang kemunculan benda asing di langit pada kurun waktu 1950 hingga 1960-an yang diyakini banyak orang sebagai penampakan UFO. 

Dalam pernyataan lewat akun Twitter resmi CIA pada Rabu, 31 Desember 2014, CIA mengatakan bahwa benda asing yang dikira UFO itu sebenarnya adalah pesawat mata-mata yang terkait aktivitas CIA. Saat itu, kata CIA, mereka sedang mengujicoba pesawat U-2 pada ketinggian lebih dari 60 ribu kaki. 

#1 most read on our #Bestof2014 list: Reports of unusual activity in the skies in the '50s? It was us," tulis akun Twitter CIA dengan melampirkan link ke sebuah dokumen, seperti dikutip Dailymail.co.uk, 31 Desember 2014. 

Terbang pada ketinggian 60 ribu kaki berbeda jauh dengan pesawat komersial biasa yang saat itu hanya bisa terbang pada ketinggian 10 ribu hingga 20 ribu kaki. Sementara pesawat militer bisa maksimal daya jelajahnya hanya sampai pada ketinggian di bawah 40 ribu kaki. 

"Ketika U-2 mulai terbang pada ketinggian di atas 60 ribu kaki, pengendali lalu lintas udara mulai menerima laporan meningkatnya jumlah kemunculan UFO," tulis dokumen itu seperti dikutip Dailymail

CIA menyadari bahwa ujicoba pesawat mata-mata itu kemudian disangka banyak orang sebagai kemunculan UFO yang dikemudikan alien. Namun, mereka sengaja memilih membiarkan dugaan itu berkembang di tengah masyarakat. 

Sekarang pesawat U-2 digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat dan telah berjumlah 104 unit. 

Pada 1960, Uni Soviet menembak jatuh pesawat yang terbang pada ketinggian 75 ribu kaki dan sedang mencoba masuk ke wilayah Udara Uni Soviet. 

The New York Times pernah menulis tentang pesawat U-2 pada 1997. Disebutkan, pesawat itu dikembangkan untuk memotret sasaran-sasaran musuh dari pangkalan rahasia di California dan Nevada. Pesawat itu seringkali mendarat pada pangkalan-pangkalan di luar Amerika seperti Inggris, Jerman dan Taiwan. 

Jadi jelaslah sudah, apa yang disebut "UFO" itu tidak datang dari luar angkasa.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply