Kunjungi Stand Indonesia, Presiden Prancis Disuguhi Tarian Tradisional

LONDON-Presiden Prancis, Francois Hollande, mendapat suguhan tari Pendet dengan lemparan serpihan bunga sebagai ucapan selamat datang di stand Indonesia dalam pameran Foire de Chalons en Champagne ke-66 yang berlangsung di Region Champagne Arden, Prancis, baru baru ini.

"Kunjungan Presiden Francois Hollande di stand Indonesia sebagai negara kehormatan disambut Duta Besar RI Paris Rezlan Ishar Jenie," ujar Minister Conseiller KBRI Paris, Arifi Saiman, Jumat, 7 September 2012.

Dikatakannya, kehadiran Presiden Prancis berkunjung ke stand Indonesia memberikan arti tersendiri pada pameran produk pertanian, peternakan, kerajinan dan furniture yang diikuti 765 peserta.

Selama pameran Foire de Chalons en Champagne ke-66 berlangsung stand Indonesia menampilkan pergelaran seni tari yang menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung pameran yang berlangsung di Region Champagne Arden, Prancis.

Menurut dia, para pengunjung memberikan apresiasi yang tinggi atas keindahan dan keluwesan gerak tari dari setiap tarian yang dimainkan para penari. Bahkan, pada persembahan tari Tayub, para pengunjung sangat antusias menerima ajakan para penari untuk turun melantai menarikan tarian tradisional asal Jawa Barat ini.

Selain memamerkan produk-produk unggulan, kegiatan pameran juga diisi dengan atraksi seni budaya, seperti pertunjukan band, atraksi seni beladiri dan pergelaran seni tari tradisional. Dalam pameran ini, stand Indonesia memamerkan produk-produk berbasis TTI (Tourism, Trade and Investment).

Produk yang dipamerkan dalam pameran yang berasal dari berbagai ragam sektor usaha, baik lokal, nasional maupun internasional meliputi produk-produk pertanian, peternakan, kerajinan, garmen, dan furniture.

Stand Indonesia juga menyuguhkan kudapan khas Indonesia seperti lapis Surabaya dan pertunjukkan seni tari tradisional Indonesia selama tiga hari berturut-turut. Para pengunjung berkesempatan mengikuti kuiz tentang Indonesia dengan hadiah-hadiah berupa barang-barang kerajinan khas Indonesia.

Bagi pengunjung yang membawa anak kecil, stand Indonesia membagikan kenang-kenangan berupa mainan kupu-kupu buatan industri kreatif nasional. Tarian Indonesia yang ditampilkan selama pameran meliputi tari tradisional dari daerah Jawa Timur, Bali, Betawi, Jawa Barat dan Sumatra Barat.

Tarian tersebut di antaranya tari Pendet, tari Topeng Pajegan, tari Joget Bumbung, tari Joget Bumbung dan tari Tambulilingan dari Bali. Selain itu, juga ditampilkan tari Jayengrana, tari Tayub, tari Kulu-Kulu, tari Topeng Samba, tari Topeng Koncaran, tari Kandagan dari Jawa Barat serta tari Yapong dan tari Enjot-Enjotan dari Betawi, tari Jejer Gandrung dari Jawa Timur dan tari Naiak Padi-Piring dari Sumatra Barat. | sumber:antara

  • Uncategorized

Leave a Reply