Kunci menyimpan makanan di kulkas

LEMARI pendingin merupakan tempat yang tepat untuk menyimpan sayuran, buah, daging, dan makanan olahan lainnya. Untuk menjaga agar tetap segar, sebenarnya ada beberapa aturan yang harus Anda ketahui.

Tahukah Anda ketika menyimpan buah kiwi di dalam lemari es, jangan pernah meletakannya berdekatan dengan pisang? Ya, ini karena buah pisang dapat memberikan senyawa yang dapat membuat kiwi cepat matang. Alhasil, kiwi yang matang tak lagi nikmat untuk dikonsumsi.

Berikut beberapa tips lain agar makanan di lemari pendingin tetap terjaga kesegarannya seperti dikutip laman Shine.

Tomat
Sebenarnya jangan pernah menyimpan tomat di dalam lemari pendingin atau kulkas. Ini karena dapat menghilangkan rasa manis pada tomat. Anda cukup menyimpannya di keranjang saja.

Kentang dan bawang
Walau fungsi bawang untuk melengkapi hidangan berbahan dasar kentang, bukan berarti dalam penyimpanannya harus disatukan. Sama seperti pisang, menyimpan kedua bahan makanan ini sebaiknya dilakukan terpisah. Baik penyimpanan di dalam kulkas atau di luar kulkas.

Kopi
Kopi yang disimpan di dalam kulkas mungkin akan menciptakan sensasi kesegaran. Namun perlu diketahui, ketika kopi disimpan di dalam kulkas, terjadi proses pengembunan yang dapat menyebabkan kopi kehilangan rasa khasnya. Simpan kopi dalam kemasan asli dalam suhu ruangan.

Roti
Pada dasarnya, roti tawar atau roti irisan disimpan pada suhu ruangan atau dengan temperatur tertentu. Akan tetapi beda jenis roti, beda pula tempat penyimpanannya. Roti berbahan dasar gandum melepaskan minyak alami. Alhasil, roti menjadi lebih cepat berbau. Oleh karena itu simpan jenis roti ini di kulkas.

Susu, daging, telur
Sudah pasti ketiga bahan ini harus disimpan di dalam kulkas. Akan lebih baik kalau menyimpan telur, daging, dan telur di tempat yang paling dingin pada lemari es Anda, seperti di bagian belakang atau bawah kulkas.

Tepung, minyak, dan kacang-kacangan
Umumnya para ibu rumah tangga menyimpan beberapa bahan ini di luar kulkas. Namun untuk memperpanjang umur bahan-bahan ini, ada baiknya kalau Anda menyimpannya di dalam kulkas. Misalnya, kacang-kacangan akan lebih tahan lama ketika disimpan di dalam botol kaca dan diletakkan di dalam kulkas. | sumber: vivanews

  • Uncategorized

Leave a Reply