KPU Putuskan Hasil Pemilu DPR RI dan DPD RI Asal Aceh

Komisi Pemilihan Umum (KPU) malam ini menggelar pleno rekapitulasi suara untuk Aceh. Dipimpin oleh Ketua KPU pusat, rapat dihadiri seluruh komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh. Hadir juga Panwaslu Aceh dan Bawaslu RI.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi mengatakan KIP Aceh telah melakukan rekomendasi KPU sebelumnya, dan melakukan pencocokan suara dengan Surat Keputusan KPU terkait Daftar Pemilih Tetap. 

Ridwan lalu mempersilahkan membacakan rekapitulasi hasil final suara kepada anggota KIP, Robby Saputra.

Tepat pukul 20.40 WIB, KPU kemudian menetapkan hasil DPR RI Dapil I. Sementara DPR RI Dapil II pada pukul 21.00 dan  Semua saksi menerima hasil Pemilu. Sementara hasil DPD RI ditetapkan pukul 21.06 WIB.

Ferry Mursidan Baldan dari Nasdem memberikan apresiasi atas penetapan hasil pemilu karena menurutnya Aceh merupakan daerah yang harus mendapat perlakuan spesifik. Menurutnya penetapan ini merupakan modal awal untuk reintegrasi. "Hasil pemilu plus minusnya diterima," ujarnya. 

Saat penetapan suara Dapil II DPR RI sempat terjadi perdebatan oleh PDI P, PAN dan PBB. Sementara Hanura, Nasdem, Golkar dan PKS menerima hasilnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply