KPU belum putuskan kuota bakal caleg, KIP Aceh akan gelar pleno

KOMISI Independen Pemilihan (KIP) Aceh akan menggelar rapat pleno mengenai persoalan kuota bakal calon legislatif di Aceh. Rapat Pleno rencananya akan dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Juni 2013 mendatang di Banda Aceh.

"Saat ini tidak ada rujukan atau keputusan apapun mengenai jumlah kuota bakal caleg dari KPU pusat. Oleh karena itu kita (KIP Aceh) akan menggelar pleno untuk persoalan itu," ujar Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi, saat dihubungi ATJEHPOSTcom usai bertemu dengan pihak KPU Pusat di Jakarta tadi siang, Senin, 10 Juni 2013.

Pertemuan pihaknya dengan KPU Pusat pada hari ini, kata dia, hanya membicarakan apa yang akan diputuskan oleh KIP Aceh terhadap para peserta pemilu 2014 di Provinsi Aceh. Sebagai penyelenggara pemilu di daerah, kata dia, KIP Aceh akan tetap menggunakan Qanun Nomor 3 tahun 2008 dalam menetapkan kuota caleg DPR dan DPRK di Aceh.

"Insya Allah, KIP Aceh sebagai penyelenggara pemilu sekaligus pelayan dari peserta pemilu di Aceh akan tetap menggunakan Qanun Nomor 3 tahun 2008 dan peraturan perundang-undangan lainnnya yang menyangkut pemilu untuk menetapkan jumlah kuota bakal caleg di Aceh maupun keberlangsungan pemilu di Aceh," ujarnya.

Sikap tersebut, kata dia, diambil oleh KIP Aceh karena hingga saat ini KPU pusat belum memberikan suatu kepastian hukum terhadap jumlah kuota bakal caleg di Aceh. Surat keputusan KPU mengenai jumlah kuota bakal caleg di Aceh belum dikeluarkan.

"KPU pusat tidak memutuskan apapun dan tidak ada jawaban apapun. Maka oleh karena itu, KIP Aceh akan mengambil sikap dengan melakukan pleno terhadap hal itu. Apapun keputusannya akan ada dalam pleno itu," katanya.

Ia berharap agar semua pihak dapat memberikan dukungan kepada KIP Aceh untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut secara arif dan bijaksana. Sehingga proses pesta demokrasi pada 2014 mendatang dapat berjalan dengan baik.[] (bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply