KPK Dikriminalisasi, Aktivis dan Mahasiswa Aceh Masih Kaji-kaji

BANDA ACEH – Kehebohan yang terjadi di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ternyata tidak menimbulkan reaksi yang berarti di Aceh. Jika Sabtu dini hari tadi, ratusan orang menggalang dukungan dengan berkumpul di depan gedung KPK, di Aceh aksi dukungan serupa hampir tidak terdengar.

Apa yang terjadi di Aceh? Kenapa jalanan lengang dan sepi dari aksi demontrasi mahasiswa mendukung KPK? Padahal tadi pagi, di Malang, Jawa Timur, mahasiswa langsung turun ke jalan untuk mendukung KPK. Di Padang, mahasiswa dan para aktivis anti korupsi juga melakukan aksi serupa.

Penelusuran The Atjeh Post, aktivis dan mahasiswa di Aceh memberikan jawaban berbeda-beda terhadap solidaritas mendukung KPK. “Kita sedang kaji-kaji, Bang,” kata seorang aktivis sebuah lembaga mahasiswa di Unsyiah, kepada The Atjeh Post, Sabtu 6 Oktober 2012.

Dia bahkan menanyakan kepada The Atjeh Post tentang masalah yang sedang dialami KPK. “Tentang revisi Undang-Undang KPK itu kan?” tanya dia memastikan. Namun setelah dijelaskan soal kriminalisasi KPK, barulah ia ngeh. "Iya, kita sedang kaji juga, Bang," ujarnya lagi.

Sementara, aktivis mahasiswa lainnya yang sempat dihubungi The Atjeh Post mengaku sedang berada di kampung halaman. Kepada The Atjeh Post, dia mengaku lembaganya belum punya niat untuk melakukan aksi.

“Belum tahu lagi, nanti kita duduk lagi bersama,” kata aktivis sebuah lembaga mahasiswa ekstra kampus itu yang terkenal ekstrem itu.

Ada juga beberapa aktivis mahasiswa yang mencoba menggalang dukungan dan ajakan melalui Twitter untuk beraksi di depan Polda Aceh pada hari ini. Tapi, rencana tersebut tidak berhasil dilakukan karena tidak ada sahutan dari aktivis lainnya.

Tadi malam, Jumat 5 Oktober 2012, belasan penyidik dari Polda Bengkulu dan Provost dari Mabes Polri melakukan penangkapan terhadap salah seorang penyidik KPK yang sedang menangani kasus Simulator SIM. Akan tetapi, niat tersebut tidak berhasil dilakukan karena adanya tekanan dari aktivis dan masyarakat yang berkumpul di depan KPK.[] (rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply