KPI Aceh Evaluasi Dengar Pendapat dengan Radio Yadara

KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh melaksanakan Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) dengan PT. Radio Yadara di Dayah Babussalam Jeunieb, Rabu 16 April 2014. Evaluasi Dengar Pendapat itu dihadiri berbagai elemen masyarakat dan dinas terkait.

Radio Yadara adalah sebuah radio swasta yang berkantor di komplek Dayah Babussalam, Jeunieb, dayah multi media di Bireuen. Radio itu mengudara dengan konsep siaran yang didominasi materi dakwah dan pengajian Islam, kerohanian, koleksi lagu-lagu daerah serta informasi kebudayaan lokal.

Ketua KPI Aceh, Muhammad Hamzah mengatakan untuk dapat melakukan siaran, sebuah radio harus mendapat izin dari kementerian. Untuk menuju ke sana harus melewati tahapan mulai dari pengajuan, pemeriksaan administrasi serta izin tempat dan tahapan selanjutnya.

"Melalui evaluasi dengar pendapat inilah akan menentukan apakah kehadiran radio ini dibutuhkan atau tidak. Selanjutnya KPI Aceh mengeluarkan rekomendasi untuk pengajuan izin siaran ke kementerian," ujar Muhammad Hamzah.

Untuk bahan pertimbangan bagi KPI dalam mengeluarkan rekomendasi. Maka dibutuhkan pula masukan dan saran dari semua unsur masyarakat. Makanya kehadiran berbagai pihak pada acara itu sangat diharapkan.

Kabag Humas Setdakab Bireuen, Farhan Husein, mewakili Bupati Bireuen membuka acara tersebut. Dia mengatakan sangat mendukung kehadiran Radio Yadara untuk lebih melengkapi radio-radio yang ada. Terlebih Radio Yadara mengkhususkan pada materi dakwah dan pengajian Islam.

"Bireuen terkenal dengan daerah seribu satu dayah. Selain menyiarkan tentang dayah, kami berharap radio ini juga menyiarkan berita tentang pembangunan Kabupaten Bireuen untuk diketahui masyarakat," katanya.

Terlebih Pemkab Bireuen telah mencanangkan Visit Bireuen 2018. Banyaknya dayah yang tersebar di daerah itu dapat menjadi salah satu objek kunjungan wisatawan untuk mempelajari tentang pendidikan dayah di Bireuen dan kemudian diadopsi di daerah masing-masing.

"Wisata sangat luas, bukan hanya berkunjung ke pantai, tetapi juga termasuk dayah sebagai sebuah kebanggaan Bireuen untuk dikunjungi, selain wisata ke situs-situs sejarah yang tersebar dari Samalanga hingga Gandapura," katanya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply