KPA Aceh Barat Sosialisasi HIV dan AIDS untuk Remaja

MEULABOH – Komisi Perlindungan Aids (KPA) Aceh Barat melakukan sosialisasi terhadap pencegahan virus HIV dan AIDS bagi para siswa/siswi SMA se-Kabupaten Aceh Barat. Kegiatan tersebut berlangsung  pada Minggu 4 Oktober 2012. 

Pihak KPA Aceh Barat memberikan materi tentang Reproduksi Remaja dan Infeksi Menular Seksual, Bahaya HIV dan AIDS bagi Manusia,  Cegah HIV AIDS dengan Tidak Menggunakan Narkoba, dan  Pendidikan  tentang Aqidah Islam.

Samsul Alam, Ketua KPA Aceh Barat mengatakan kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan permintaan dari pihak sekolah.  Selain itu juga untuk menindaklanjuti hasil survei KPA di kabupaten setempat yang dilakukan sejak tahun 2007-2012.

”Selama ini 80% siswa SMA/MA di kabupaten setempat belum mengenal penyakit HIV/AIDS itu sendiri,” ujarnya.

Kegiatan tersebut bertema, “Motivasi Bagi Para Remaja Dalam Pencegahan Virus HIV dan AIDS Terhadap Remaja”.

Selain itu, Samsul berharap mereka dapat menjadi duta HIVAIDS yang dapat memberikan sosialisasi bagi saudaranya baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga.

Dia juga menembahkan, ada tehnik khusus penyampaian materi dalam sosialisasi tersebut.  Yakni, para siswa diajarkan dengan sistem JaWBi (Jauhi maksiat dan narkoba,  Waspada dalam penggunaan jarum suntik dan tarnsfusi darah, Bila terinfeksi segera hubungi dokter untuk mengetahui gejala lebih lanjut).

“ Jika secara nasional diperkenalkan dengan sistem ABCD, kalau kita JaWBi” kata Samsul.

Samsul juga menambahkan, dalam sosialisasi ini tidak disampaikan materi tentang penggunaan kondom dalam berhubungan seks. Sebab,  dikhawatirkan bisa membuat siswa melakukan seks bebas karena  alat pencegah terinfeksinya virus HIV dan AIDS adalah kondom.[] (hen)

  • Uncategorized

Leave a Reply