Korban Tewas Mudik Lebaran Capai 538 Jiwa

Total jumlah korban tewas dalam arus mudik hingga arus balik mencapai 538 jiwa. Menurut Menteri Perhubungan EE Mangindaan, angka ini sejak H-6 (22/7/2014) hingga H+5 (3/8/2014) Idul Fitri.

"Korban meninggal sampai dengan H+5, 538 (jiwa) sedangkan tahun 2013, 686 (jiwa). Itu menurun, meskipun tapi saya tetap prihatin meninggal, mau mudik tapi meninggal, sayang sekali saya," ungkap Mangindaan dalam acara Halal Bihalal di kantor Kemenhub, Jalan Merdeka Barat, Senin (4/8/2014).

Mangindaan juga menyebut angka kecelakaan selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini turun dibanding tahun lalu. Dari yang tahun 2013 sebanyak 3.200 kasus, tahun ini 2.741 kasus.

"Masih ada korban kecelakaan itu yang perlu kita pikirkan, sudah berusaha optimal tapi masih saja terjadi kecelakaan," tambah Mangindaan.

Untuk itu, ada beberapa hal yang akan dilakukan Kemenhub dari hasil evaluasi sementara mudik Lebaran ini. Seperti penambahan armada kereta api, pembenahan perlintasan sebidang, dan memperbanyak fasilitas mudik gratis melalui jalur laut.

"Jadi itu yang harus kita utamakan ke depan. Kereta api diperbanyak, lintasan sebidang kita usaha atasi, apakah kereta api yang naik atau underpas oleh PU. Mudik gratis lewat laut harus ditingkatkan karena laku juga, tahun lalu belum terlalu laku, tahun ini habis," Mangindaan menuturkan.

Dengan besarnya animo masyarakat yang menggunakan jasa kereta api dan kapal laut bagi Mangindaan kesadaran masyarakat akan bahaya mudik dengan sepeda motor sudah cukup besar.

"Pada dasarnya semua sudah sesuai rencana tinggal itu saja korban yang masih kita prihatin," tutup Mangindaan.[] sumber: detik.com

  • Uncategorized

Leave a Reply