Korban Tewas Crane Roboh di Masjidil Haram 107 Orang, 2 WNI

Korban Tewas Crane Roboh di Masjidil Haram 107 Orang, 2 WNI

MEKKAH – Sebuah derek (crane) besar jatuh di tempat thawaf Masjidil Haram, Makkah. Setelah sebelumnya korban meninggal ada 87 orang, kini telah terdata ada 107 orang meninggal akibat jatuhnya crane itu.

Sebagaimana dilansir AFP, Sabtu (12/9/2015), selain korban tewas sebanyak 107 orang, ada pula korban luka-luka sebanyak 238 orang.

Hal itu dinyatakan otoritas Arab Saudi. Agensi pertahanan sipil menyatakan lewat Twitter bahwa tim darurat telah dikirim ke lokasi kejadian setelah crane jatuh di Masjidil Haram. Tempat itu adalah tempat yang paling dihormati umat Islam.

Makkah telah diguyur hujan deras saat itu. Gambar-gambar di media sosial juga menunjukkan adanya petir.

Peristiwa ini terjadi saat ribuan dari jutaan Muslim dari berbagai penjuru dunia berkumpul untuk menjalankan ibadah haji yang akan dimulai pada 21 September. Masjidil Haram biasanya mengalami puncak kepadatan pada Jumat saat Umat Muslim biasa Salat Jumat. Peristiwa jatuhnya crane terjadi sekitar sejam sebelum waktu Salat Maghrib.

2 WNI Tewas

Dua jemaah Indonesia meninggal akibat crane jatuh di Masjidil Haram. Sementara 23 jemaah lainnya terluka.

Korban pertama adalah Masnauli Hasibuan dari Kloter 09/MES. Untuk diketahui Kloter 09/MES adalah embarkasi Medan.

Korban kedua adalah Siti Rasmi Darmini dari Kloter 23/JKS. Untuk diketahui kloter 23/JKS adalah embarkasi Jakarta.[] Sumber: detik.com

Foto: Gagah Wijoseno

 

Leave a Reply