Korban gempa Gayo mulai diserang penyakit

KORBAN gempa Gayo saat ini membutuhkan bantuan obat-obatan. Sebab ada lima desa di Kecamatan Ketol Aceh Tengah yang masih minim mendapatkan bantuan medis.

Akibatnya, pengungsi yang berada di kawasan tersebut sudah diserang berbagai macam penyakit.

"Lima desa ini padahal membutuhkan tenaga medis untuk menangani kesehatan warga yang telah diserang berbagai macam penyakit, tapi tim medis minim di desa ini," kata Husaini, relawan Edward Care Clinic, Rabu 10 Juli 2013.

Desa yang belum tersentuh medis tersebut adalah Desa Pulo Aceh, Balek, Sigeune Balek, Empu Balek dan Blang Balek."Ada sekitar 2.000 jiwa lebih pengungsi di situ," katanya.

Menurutnya, rata-rata pengungsi saat ini sedang menderita penyakit diare, demam, gatal-gatal dan Ispa. Ada juga yang masuk angin akibat kondisi dataran tinggi gayo memiliki suhu udara yang dingin mencapai 16 derajat celcius.

Mirisnya lagi, tenda di pengungsian juga tak kalah memprihatinkan. Kondisi di lima desa ini sangat berbeda dibandingkan dengan pengungsi yang ada di lokasi lainnya seperti Blang Mancung.

"Tenda di lima desa tersebut dirikan seadanya dan sangat darurat," tuturnya.

Untuk menyikapi hal itu, Husni mengaku telah berkoordinasi dengan pihak kesehatan setempat agar bisa memfokuskan tenaga medis di desa tersebut.

Lanjutnya, tenaga media yang ada saat ini merasa sangat kewalahan dengan jumlah pengungsi yang sakit dan tenaga medis yang terbatas. "Medis yang ada di sini kewalahan karena kekurangan personel," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berharap kepada pemerintah agar bisa segera menambah tenaga medis di lima desa tersebut. Pihaknya telah berusaha untuk memberitahukan persoalan ini ke pihak kecamatan agar segera ditangani sebelum kesehatan pengungsi semakin parah.| sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply