Korban Banjir Bandang Aceh Tenggara Butuh Bantuan Rumah

KUTACANE – Ratusan korban banjir bandang dari empat desa di Kecamatan Leuser, Kabupaten Aceh Utara yang merupakan lokasi terparah membutuhkan bantuan rumah.

Pasalnya ratusan tenda darurat yang didirikan oleh Badan Penanggulanggan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara dan Dinas Sosial Aceh Tenggara tidak bisa menampung korban dalam jangka waktu yang lama.

Keempat desa tersebut adalah Desa Gayo Sendah, Naga Timbul, Liang Pangi dan Desa Sepakat. Di empat desa ini sekitar 152 rumah penduduk hancur.

Amin, 30 tahun, warga Desa Naga Timbul kepada The Atjeh Post mengatakan jika mereka tidak lagi membutuhkan bantuan seperti selimut, obat-obatan dan bantuan pangan.

“Yang kami butuhkan saat ini dan seterusnya adlah bagaimana supaya pemerintah bisa memeprcepat proses bantuan pembangunan pemukiman bagi kami, agar kami bisa kembali berkumpul dengan keluarga,” ujarnya, Rabu, 29 Agustus 2012.

Jika dipaksakan terus menempati tenda-tenda tersebut kata Amin, mereka merasa khawatir dan tidak nyaman karena tidak adanya fasilitas mandi, cuci dan kakus (MCK) yang memadai.

Kondisi ini menurut warga akan berdampak pada kesehatan masyarakat karena kondisi yang tidak sehat dan kotor. Warga meminta agar Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara segera merealisasikan pembangunan rumah kepada korban bencana alam. Karena menurut mereka saat Gubernur Aceh berkunjung ke sana beberapa hari lalu Gubernur menjanjikan akan membangun pemukiman baru bagi warga.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply