Koperasi Setia Bakti Wanita Leupueng terbaik di Aceh Besar

KOPERASI Setia Bakti Wanita Gampong Pulot, Kecamatan Leupung terpilih sebagai koperasi terbaik yang bergerak di bidang produksi di Kabupaten Aceh Besar tahun 2013. Sedangkan untuk juara II dan III masing-masing diraih Koperasi Harapan Jaya Gampong Lambugak Kecamatan Kuta Cot Glie dan Koperasi Wanita Putro Phang Gampong Meuree Baro, Kecamatan Indrapuri.

Penyerahan penghargaan dan dana pembinaan kepada koperasi dan UKM terbaik di Aceh Besar tahun 2013 dilakukan Wakil Bupati Aceh Besar Drs H Syamsulrizal MKes di sela-sela kegiatan memperingati Hari Koperasi/UKM dan Hari Anak Nasional 2013 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin 26 Agustus 2013.

Untuk Koperasi Setia Bakti Wanita Gampong Pulot menerima dana pembinaan Rp3 juta. Sedangkan juara II mendapat Rp 2 juta, dan juara III Rp1 juta.

Untuk kategori koperasi yang bergerak di bidang pemasaran, terbaik I, II, dan III masing-masing diperoleh Koperasi Tani Tiga Sekawan Gampong Meunasah Bakthu Kecamatan Sukamakmur (mendapat dana pembinaan Rp 3 juta), Koperasi Tapuga SPMA Saree, Kecamatan Lembah Seulawah (dana pembinaan Rp 2 juta), serta Koperasi KUD Lembah Krueng Daroy Gampong Lampeuneuruet Kecamatan Darul Imarah (mendapat dana pembinaan Rp 1 juta).

Adapun kategori usaha kecil dan menengah, juara I, II, dan III masing-masing diraih UKM Garam CV. Aqsa Prima Konsultan Gampong Kajhu Kecamatan Baitussalam (mendapat dana pembinaan Rp 3,5 juta), UKM Banda Aceh Souvenir Gampong Lambaro Kecamatan Ingin Jaya (dana pembinaan Rp 3 juta), dan UKM Rumah Makan Asia Kota Jantho (dana pembinaan Rp 2,5 juta).

Dalam sambutannya, Wabup Aceh Besar Syamsulrizal mengharapkan kepada seluruh penggerak dan penggiat koperasi dan UKM di Aceh Besar untuk terus berjuang mengembangkan koperasi dan UKM agar manfaat besar dapat dirasakan untuk pengurangan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, dan peningkatan kehidupan masyarakat di Kabupaten Aceh Besar.

“Wujudkan semangat Bapak Koperasi kita, Bung Hatta, karena dengan koperasilah ekonomi akan tumbuh secara lebih berkeadilan dan lebih merata,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini jumlah koperasi di Aceh Besar sebanyak 712 unit, sedangkan jumlah UKM sebanyak 6.063 buah dengan rincian 361 buah industri non pertanian, 320 buah industri pertanian, perdagangan 4.459 buah, serta aneka usaha sebanyak 723 buah. Tujuan penilaian koperasi dan UKM terbaik tahun 2013 adalah untuk memberikan motivasi, daya saing, dan semangat dalam mengelola usaha, baik pengurus koperasi maupun pengelola UKM di Kabupaten Aceh Besar.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply