Kontingen Seni Budaya Umuslim Wakili Indonesia ke Australia

Kontingen muhibah seni budaya Universitas Almuslim  Bireuen terdiri dari 33 orang akan mewakili Indonesia ke Australia pekan depan. Penglepasan kontingen oleh Rektor Umuslim di Aula MA Jangka, Selasa 2 September 2014.

Penglepasan kontingen muhibah seni budaya dirangkai penglepasan peserta Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) di Palangkaraya. Di Peksiminas, Umuslim mengirim tiga peserta yaitu lomba dangdut pria, baca puisi putri dan desain grafis.

DR Amiruddin Idris, SE, M.Si, Rektor Umuslim mengatakan muhibah seni budaya tersebut merupakan kepercayaan Kemendiknas kepada Umuslim mewakili Indonesia untuk menampilkan seni daerah di Australia.

”Mendapatkan kepercayaan kementerian ini bukan hal yang mudah. Butuh persiapan dan perjuangan kita semua. Hanya enam perguruan tinggi di Indonesia yang memenangkan muhibah seni ini di tahun 2014,” imbuh Amiruddin.

Umuslim adalah satu-satunya perguruan tinggi swasta dan belum memiliki Fakultas Seni, tetapi mendapat kepercayaan dari kementerian untuk mewakili Indonesia di dunia internasional. Seluruh dana kebutuhan ditanggung kementerian.

”Meski kunjungan ini adalah seni budaya, namun banyak tujuan yang ingin capai di negara tujuan. Seperti melakukan studi banding dengan perguruan tinggi di Sydney dan Canberra,” ucap Amiruddin.

Selama di sana, Umuslim turut melakukan seminar di dua universitas, seminar terkait dengan politik dan perdamaian di Aceh dan seminar tentang investasi di Aceh yang disampaikan Asisten III Setda Provinsi  Aceh,  Muzakkar, SH, M.Si.

Kepala Bagian Humas Umuslim, Zulkifli, S.Kom mengatakan, kesenian yang akan ditampilkan di negara Kangguru yaitu Tari Seudati, Tari saman, Rapai Grimpheng, Tari Piring (Sumbar), Tari Enggang (Kalimantan) dan Angklung (Jawa Barat). []

  • Uncategorized

Leave a Reply