Komunitas Kota Jancuk Kenang 10 Tsunami Aceh

SALAH satu komunitas di Surabaya, Komunitas Kota Jancuk, akan menyelenggarakan acara sastra untuk mengenang tragedi tsunami di Aceh dan di Asia Tenggara pada umumnya.

Acara yang bertajuk “Metamorfosis Ombak” ini adalah bentuk merawat ingatan tentang dahsyatnya tragedi tsunami yang sepuluh tahun lalu pernah melanda Aceh, Indonesia.

Akmal M Roem, seorang putra Aceh yang saat ini sedang berada di Surabaya, mengatakan, “Sebagaimana kita ketahui bahwa Aceh saat ini memang sudah bangkit dari kondisi terpuruk pasca tsunami. Aceh sudah jauh lebih baik berkat bantuan dari berbagai pihak. Kegiatan sepuluh tahun ini dikhususkan untuk berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu Aceh.”

“Surabaya merupakan salah satu kota yang dulu juga pernah mengirimkan banyak relawan untuk membantu evakuasi korban. Proses rehabilitasi dalam berbagai bidang juga melibatkan banyak relawan dari Surabaya. Aceh dengan Surabaya memang sudah memiliki hubungan yang cukup dekat sekali sedari dulu. ‘Ombak Surut, Jabat Bertaut’, yang menjadi slogan kegiatan kali ini adalah bentuk wujud kebersamaan yang terjalin erat setelah bencana selesai,” ujarnya.

Lebih lanjut, Akmal menuturkan bahwa beberapa kota lainnya sudah  membuat kegiatan serupa, baik dalam bentuk festival film, seminar kebencanaan dan ragam kegiatan lainnya sudah dan akan dilaksanakan selama bulan Desember ini. Misal di Aceh, kegiatan-kegiatan serupa juga sedang diagendakan oleh berbagai komunitas dan pemerintah daerah setempat.

Kegiatan-kegiatan tersebut tentu menjadi sebuah bentuk merawat ingatan. Bencana bukan untuk dilupakan. Mengenang juga bukan selalu tentang kesedihan. “Kita selalu harus belajar dari alam. Bagaimana memperlakukan alam dan harus  seperti apa ketika berhadapan dengan bencana. Ini juga merupakan salah satu tujuan kita selalu mengingat perkara besar ini.”

Acara  Metamorfosis Ombak ini tidak terikat dengan lembaga apapun karena murni kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh beberapa komunitas di Surabaya dan bekerja sama serta didukung oleh beberapa komunitas di Aceh.

Metamorfosis Ombak akan diadakan pada tanggal 27 Desember 2014. Bertempat di Kaya Resto, yang terletak di Jalan Jemursari 144, Surabaya. Acara akan dimulai pada pukul 19.00, dan terbuka untuk umum.

Pada kegiatan ini akan ada pemutaran film dokumenter tsunami yang menggambarkan kondisi Aceh pasca tsunami hingga bangkitnya Aceh saat ini. Pertujukan teaterikal, penampilan musik Aceh yang akan dibawakan oleh komunitas Soundcloud Surabaya. Selanjutnya juga ada pembacaan puisi-puisi karya sastrawan Aceh. Dan juga acara lain yang tak kalah serunya.

Selain acara sastra, pada kegiatan ini juga turut hadir pembicara relawan dari Surabaya yang pernah tinggal dan bekerja selama rehabilitasi dan rekonstruksi di Aceh.

Pada akhir acara, beberapa pengunjung akan diminta untuk memberikan testimoni dan doa bersama untuk Aceh pada khususnya, serta Indonesia pada umumnya, agar terhindar dari segala bencana dan diberi keamanan dan kedamaian setiap harinya.

Metamorfosis Ombak merupakan bentuk kepedulian antar komunitas yang tergabung dalam Kota Jancuk, Soundcloud Surabaya, Serbuk Kayu, Welfarian, Kopdar Surabaya, Save Street Child (SSC) Surabaya, Sastra Indonesia (Sasindo) Universitas Airlangga, Tumblr Surabaya, StandUp Surabaya, dan didukung oleh komunitas @IloveAceh yang berada di Aceh.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply