Komisi XI bakal panggil BPK RI sikapi keluhan aktivis Aceh

ANGGOTA Komisi XI DPR RI, Hari Azhar Azis akan membahas kesulitan-kesulitan yang dirasakan sejumlah LSM Aceh di DPR RI. Termasuk soal laporan anggaran Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) mengenai ada atau tidaknya penyelewengan dana.

Hal ini disampaikan Hari Azhar Azis, usai mengadakan pertemuan dengan Forum LSM Aceh, Akademisi, BPK RI, dan Dirjen Perbendaharaan Keuangan di The Pade Hotel, Kamis 21 Februari 2013.

"Kemungkinan BPK RI juga akan dipanggil untuk mempertanyakan temuan-temuan adanya pelanggaran dalam dana Otsus di Aceh," kata dia.

Namun, kata dia, DPR RI tak bisa mengintervensi mengenai permasalahan ini. "Karena merupakan desentralisasi Pusat. Jadi tanggung jawab dalam penggunaan anggaran tersebut lebih kepada wewenang daerah Aceh karena terkait otonomi khusus," kata dia.

Sementara mengenai kesulitan mengakses dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA), kata dia, hal ini bisa dikenakan pasal melanggar UU Informasi Publik.

"Seandainya ada sekelompok masyarakat yang ingin mengakses dokumen APBA dan APBK namun sulit, secara UU Informasi Publik maka pejabat setempat bisa dipengadilankan secara hukum perdata," tuturnya.[](bna)

Berita sebelumnya :

Tahun 2013, Realisasi dana transfer Aceh capai Rp22 triliun

  • Uncategorized

Leave a Reply