Komisi E: Qanun Penyelenggara Pendidikan Sedang dalam Pembahasan

BANDA ACEH – Rancangan Qanun (Raqan) Penyelenggara Pendidikan Aceh sedang dalam pembahasan Komisi E DPRA. Hal tersebut dikatakan oleh anggota komisi E Muhibbussubri, usai menerima kunjungan kerja Badan Legislasi (Banleg) DPRD Jawa Timur, Rabu 26 September 2012.

Dia mengatakan, sampai saat ini pihaknya sedang membahas lebih jauh draft rancangan qanun tersebut yang menjadi salah satu poin dari UUPA, yaitu Aceh berhak untuk mengatur sendiri penyelenggaraan pendidikan. Terutama dalam pengembangan kelembagaan, perumusan kurikulum, pengakuan keberadaan pendidikan dayah, standar pelayanan minimal, kualitas lulusan, kompetensi teungku dayah sebagai tenaga pendidik, dan kewenangan antara Pemprov dengan Pemkab/Pemko.

“Sejauh ini draf Rancangan Qanun Penyelenggara Pendidikan masih dalam proses pembahasan oleh komisi E dan SK-nya sudah dikeluarkan oleh pimpinan untuk segera dibahas oleh komisi,” ujar Muhibbusubri.

Dia juga menambahkan, selama ini pihak dewan sudah melakukan kunjungan-kunjungan ke berbagai pihak dan daerah guna memberikan masukan dalam Draft Rancangan Qanun tersebut, dan diharapkan ke depannya agar draft qanun penyelenggara pendidikan tersebut secepatnya untuk di paripurnakan.

“Diharapkan rancangan qanun tersebut bisa segera selasai dan secepatnya diparipurnakan agar proses penyelenggaraan pendidikan bisa maksimal demi majunya pendidikan di Aceh, namun untuk diparipurnakan kita belum bisa pastikan kapan,” kata nya.(bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply