Kisah Sultan Tidore, Bangun Masjid & Sebarkan Islam di Afsel

Masjid Auwal adalah masjid pertama yang dibangun di Afrika Selatan. Masjid ini dibangun oleh pangeran kesultanan Tidore, Maluku Utara, bernama Abdullah Kadi Abdus, setelah dirinya menjadi salah satu warga negara Indonesia yang dibuang Belanda ke Afrika Selatan.

Dibuang di pulau kecil di lepas Pantai Cape Town, menjadikan awal penyebaran Islam ke Afrika Selatan yang dilakukan oleh warga Indonesia. Masjid yang berdiri kokoh di kawasan Boo Kap, Cape Town, Afrika Selatan ini, tercatat menjadi wilayah perkampungan bagi muslim Indonesia di sana.

Sejarah verbal masyarakat setempat menyebutkan bahwa Imam Abdullah Kadi Abdus Salam merupakan imam pertama Masjid Auwal. Oleh masyarakat setempat, Abdullah Kadi Abdus Salam mendapat gelar kehormatan yang bangsa melayu mengenalnya dengan sebutan Tuan Guru.

Lewat cara penyampaian Tuan Guru Abdullah yang baik, membuat masjid yang masih berdiri kokoh hingga saat sering didatangi penduduk sekitar Bo Kaap yang 90 persen beragama Islam.

Dalam catatan sejarah, pembangunan masjid ini penuh lika-liku yang panjang. Sebelum berdiri Tuan Guru mengajukan permintaan untuk membangun masjid kepada pemerintah Afrika Selatan.

Sayangnya gayung tak bersambut, Afrika Selatan yang saat itu dikuasai Belanda, tak memberikan izin lantaran takut perkembangan Islam akan mengganggu kekuasaannya.

Namun setelah tampuk kekuasaan di tangan Inggris, pembangunan masjid itu baru mendapat izin. Masjid ini dibangun semasa pendudukan Inggris pertama kali di Tanjung Harapan (Cape of Good Hope), yaitu pada 1794 hingga 1798.

Kini, Masjid Auwal tercatat sebagai masjid pertama dan tertua yang dibangun di Afrika Selatan. | sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply