KIP Pidie Jaya umumkan materi soal tes Panitia Pemilihan Kecamatan

KOMISI Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya memastikan pelaksanaan tes tulis untuk 212 pelamar bakal calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan digelar pada hari Minggu, 17 Maret 2013 mendatang.

“Test tulis akan dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Maret 2013 bertempat di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Negeri 1 Meureudu. Peserta harus sudah hadir di lokasi pada jam 08.30 wib,” ujar Fuadi Iskar, Komisioner KIP Pidie Jaya yang membidangi perekrutan awak penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan di Pidie Jaya, Rabu 13 Maret 2013.

Didampingi dua komisioner KIP Pidie Jaya lainnya, Musman SH dan Cut Nur Azizah, dia mengatakan soal untuk tes tulis akan langsung dikirim dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.

“Materi test secara garis besar meliputi pengetahuan tentang kepemiluan dan pengetahuan tentang kewilayahan. Untuk kepemiluan yang berjumlah 50 soal, dibuat oleh KPU pusat. Sementara mengenai kewilayahan, 10 soal kami yang membuat," katanya.

Untuk menyelesaikan 60 soal tersebut, kata dia, diberikan waktu dua jam. Hasil seleksi test tulis akan diumumkan Rabu 20 Maret 2013. Selanjutnya, peserta akan mengikuti test wawancara pada Senin 25 Maret 2013. Materi wawancara berkisar seputar jejak rekam calon anggota PPK.

"Setelah semua tes dilaksanakan, penentuan kelulusan dilihat dari kombinasi nilai wawancara dan tes tulis. Mungkin ada masukan dari masyarakat juga yang akan jadi bahan pertimbangan," katanya.

Total pelamar berjumlah 212 orang yang berasal dari 8 kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya. Masing-masing peserta itu, kata dia, yaitu dari Kecamatan Meureudu (43 orang), Jangkabuya (19 orang), Bandar Dua (38 orang), Ulim (21 orang), Meurah Dua (22 orang), Trienggadeng (34 orang), Panteraja (12 orang), dan Bandar Baru (23 orang).

"Setelah dapat nama-nama yang menjadi petugas PPK selanjutnya akan diumumkan secara resmi melalui media massa dan ditempel di pengumuman KIP Pidie Jaya," katanya.[](bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply