KIP: Perbaikan Laporan Dana Kampanye Lima Hari

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh memberi waktu lima hari kepada kontestan pemilu untuk melakukan perbaikan laporan dana kampanye.

“Waktu lima hari ini diberikan kepada partai politik maupun calon anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD yang laporan dana kampanyenya belum lengkap,” kata Junaidi, Komisioner KIP Aceh di Banda Aceh, Rabu.

Sebelumnya, KIP Aceh menerima laporan dana kampanye dari partai politik dan calon anggota DPD asal daerah pemilihan Aceh. Laporan dana kampanye itu diterima KIP Aceh paling telat 2 Maret 2014 pukul 18.00 WIB.

Menurut Junaidi, dari 40 calon anggota DPD, hanya 38 orang yang menyerahkan laporan dana kampanyenya. Sedangkan partai, 12 partai nasional dan tiga partai lokal, semua menyerahkannya.

“Saat ini, laporan dana kampanye sedang diverifikasi KIP Aceh. Hari ini batas akhir verifikasi. Bila saat verifikasi ada partai yang laporannya belum lengkap, maka diberikan waktu lima hari untuk memperbaikinya,” kata dia.

Setelah masa perbaikan, kata dia, laporan dana kampanye itu akan diserahkan kepada kantor akuntan publik yang memenangkan lelang pengadaan jasa yang dilakukan oleh KIP Aceh untuk diperiksa.

Pemeriksaan tersebut untuk memastikan laporan dana kampanye itu valid. Dan KIP Aceh tidak berwenang menyatakan apakah laporan dana kampanye itu benar atau tidak. Yang berhak adalah kantor akuntan publik, kata dia.

“Hasil pemeriksaan kantor akuntan publik ini akan diumumkan kepada publik. Begitu juga kontestan pemilu yang tidak mau memperbaiki laporan dana kampanyenya, juga akan diumumkan kepada publik,” ungkap Junaidi.[] sumber: antaraaceh.com

  • Uncategorized

Leave a Reply