KIP Langsa Verifikasi Administrasi Partai Peserta Pemilu 2014

LANGSA – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa  melaksanakan verifikasi faktual dan administrasi peserta pemilu 2014 baik untuk partai lokal maupun nasional.

Berkaitan dengan itu, KIP Langsa yang menjadi perpanjangan tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kini sedang mendistribusikan surat pemberitahuan kepada semua partai politik tentang batas akhir penyerahan dokumen persyaratan.

"Batas waktu penyerahan terakhir dokumen persyaratan untuk verifikasi berakhir pada 29 September mendatang," ujar Ketua KIP  Kota Langsa Agusni AH, kepada The Atjeh Post, Senin 24 September 2012.

Yang jadi persoalan sekarang, kata Agusnis, ada 16 partai di Kota Langsa yang tidak memiliki kantor. Bahkan, kata dia, Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kota Langsa juga tidak mempunyai data lengkap tentang alamat kantor partai politik itu.

"Data yang ada sebelumnya itu tidak valid," ujar Agusni. Ia mengimbau partai-partai baru memberitahukan alamat kantor mereka.

"Apalagi, data yang ada saat ini, sudah ada 34 partai terdaftar dan ditambah dua partai lokal yakni PNA dan PDA. Sementara data terakhir yang sudah menyerahkan berkas verifikasi baru 15 partai politik," ujar Agusni.

Kepala Divisi Antar Lembaga dan Partai Politik KIP Langsa, Saed Mahdar, mengatakan verifikasi administrasi dilakukan dengan meneliti dokumen tertulis berkenaan pemenuhan syarat menjadi peserta pemilu.

"Lalu verifikasi faktual berupa, pencocokan dan penelitian terhadap kebenaran dokumen tertulis dengan pemenuhan syarat menjadi peserta pemilu," ujar Saed.[] (rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply