KIP Banda Aceh: Tahapan Logistik Pilkada Sudah 80 Persen Rampung

BANDA ACEH – Ketua Kelompok Kerja Logistik (Pokja) Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, Mahfudh, Jumat, 30 Maret 2012, mengatakan bahwa tahapan persiapan logistik pemilukada Kota Banda Aceh sudah mencapai 80 persen.

"Sisanya sedang kita persiapkan. Itu pun hanya menunggu surat suaranya tiba nanti malam," kata Mahfudh.

Dijelaskan Mahfudh, hingga saat ini, surat suara untuk pencoblosan pada hari pemilu sedang dalam perjalanan lewat jalur darat via Pos dari tempat percetakan. Surat suara itu diperkirakan akan sampai pukul 23.00 malam ini.

sedangkan mengenai persiapan lainnya, Mahfudh mengatakan saaat ini KIP Banda Aceh tengah mempersiapkan kotak suara untuk diberi stiker KIP. Secara keseluruhan, katanya, akan ada 700 kotak suara yang akan dibagi dua nantinya. 350 kotak suara untuk pemilihan walikota dan 350 lagi untuk pemilihan gubernur.

"Jumlah surat suara untuk kota Banda Aceh sebanyak 162.745 lembar sudah termasuk surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen. Nantinya setelah disortir dan dilipat, akan didistribusikan ke 350 TPS yang terdapat di 9 kecamatan di kota Banda Aceh."

Untuk pendistribusiannya, kata Mahfudh, akan dilakukan satu hari menjelang hari pencoblosan. sedangkan untuk jumlah surat suara per TPS, akan divariasikan dengan jumlah pemilih. "Antara 500 lembar sampai 600 lembat setiap TPS," katanya.

Soal pendistribusian baru dilakukan satu hari sebelum hari pencoblosan, dikatakan Mahfudh, untuk alasan kemananan dan efisiensi biaya. Soalnya, jika langsung didistribusikan, katanya, akan membutuhkan biaya pengamanan yang lebih besar karena dilakukan secara terpisah. Selain itu, juga karena jarak antar TPS relatif dekat sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan distribusi surat suara.

"Akan lebih efektif kalau dilakukan pengamanan pada satu tempat saja, serta menjaga faktor lain yang tidak diinginkan, seperti pencurian surat suara dan sebagainya."

Setelah sampai di Banda Aceh, "besok surat suaranya mulai disortir dan dilipat di gudang KIP Kota Banda Aceh, dan akan di lakukan di oleh panitia dari KIP dan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk menyelesaikan persiapan ini. Prediksinya akan selesai selama 3 hari, karena kalau per orang akan bisa menyelesaikan sebanyak 700 lembar perharinya," terang Mahfudh.

Penyortiran ini, lanjutnya, perlu dilakukan untuk melihat jika seandainya ada kesalahan dalam percetakan, seperti foto kandidat bergaris, terkena tinta, atau pun sobek.

"Yang cacat tersebut akan diapkir (ditolak, tidak dapat dipakai, -red) untuk di buat dalam berita acaranya," katanya.

"Sementara ini persiapan logistik tidak terkendala dengan apapun, dan semua berjalan lancar."

  • Uncategorized

Leave a Reply