Ketua LSM AKBAR: Misi Ketua IKBAL Lebih Mengarah ke Proyek dan Saham PT Arun

Ketua LSM AKBAR: Misi Ketua IKBAL Lebih Mengarah ke Proyek dan Saham PT Arun

LHOKSEUMAWE – Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Afiliasi Keluarga Besar Blang Lancang-Rancong (AKBAR), Muhammad Jubir, menyikapi unjuk rasa warga di kantornya pada Senin, 15 Juni 2015 lalu. Menurutnya unjuk rasa tersebut dilakukan hanya oleh 20 persen warga Blang Lancang-Rancong yang tergusur.

“Sedangkan yang lainnya, masyarakat yang membeli Kartu Keluarga (KK) warna orange pada pengurus IKBAL (Ikatan Keluarga Blang Lancang dan Rancong) seharga Rp200 ribu per KK, dengan iming-iming mendapatkan bantuan rumah dari pengurus IKBAL,” ujar Muhammad Jubir melalui siaran persnya kepada portalsatu.com, Rabu, 17 Juni 2015.

Muhammad Jubir LSM AKBAR
Ketua LSM Akbar Muhammad Jubir

Ia mengatakan LSM Akbar tidak akan pernah mundur selangkah pun untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Blang Lancang-Rancong yang tergusur, termasuk proses pengurusan resetlement dua daerah ini.

“Kami didukung penuh oleh mantan pengurus IKBAL sebelumnya beserta tokoh dan masyarakat. Kami tidak perlu diakui oleh pengurus IKBAL baru, apalagi LSM Akbar semenjak awal tidak mengakui keberadaan pengurus IKBAL saat ini,” ujarnya.

Menurut Muhammad Jubir, pengurus IKBAL saat ini sama sekali tidak dipilih secara demokrasi atau pun aklamasi oleh tokoh dan masyarakat eks Blang Lancang-Rancong. Dia juga mengkhawatirkan adanya provokasi dan pembohongan terkait kedatangan Menteri Sekretaris Negara lalu ada keterkaitannya dengan tuntutan ganti rugi lahan milik warga pada 9 Juni 2015.

“Padahal pada tanggal tersebut tim aset Pertamina dan tim kementerian mengecek aset milik BUMN yang ada di Lhokseumawe,” katanya.

Muhammad Jubir mengatakan LSM-AKBAR didirikan oleh putra-putra Blang Lancang-Rancong dan mantan pengurus IKBAL. Pembentukan lembaga ini disebabkan adanya dugaan penyalahgunaan wewenang dan visi misi lembaga oleh Ketua IKBAL saat ini.

“Misi dan visi Ketua IKBAL lebih mengarah kepada proyek dan saham yang ada di PT. Arun Lng, dan PT. Perta Arun Gas (PAG.). Dari segi itulah inisiatif kami mendirikan LSM AKBAR demi memperjuangkan aspirasi masyarakat Blang Lancang-Rancong sampai berhasil,” ujarnya.

Sementara mengenai unjuk rasa sebagian warga tergusur Blang Lancang-Rancong beberapa waktu lalu, Muhammad Jubir mengatakan pihaknya hanya menganggap hal itu sebagai bagian silaturahim. “Apalagi mereka saudara-saudara kami juga. Mengenai surat yang diminta nampakkan (perlihatkan) oleh IKBAL, kami rasa tidak perlu karena bukan kewenangan IKBAL memerikasa legalitas LSM-AKBAR,” ujarnya.[]

Baca juga:

IKBAL Unjuk Rasa Terhadap LSM AKBAR

Leave a Reply