Ketua Banleg: Mahasiswa Harus Kawal Pemerintah Aceh

KETUA Badan Legislasi (Banleg) DPR Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky, SHI, meminta jaringan elemen sipil dan aktivis mahasiswa untuk bersatu mengawal Pemerintah Aceh.

Komitmen ini dinilai penting sehingga arah pembangunan Aceh tercapai dengan baik.

Hal ini disampaikan Iskandar Usman saat menjadi pembedah pada diskusi dan bedah buku berjudul demokrasi; pergeseran nilai dari ideologi ke pragmatis yang diadakan oleh The Aceh Institute di Warkop Wak Tar, Darussalam, Selasa 3 Februari 2015.

“Komitmen bersama ini sangat penting. Ada hal-hal yang kami tidak tahu, tolong diberitahukan. Ada kadang kalanya kami lupa, tolong diingatkan,” ujar politisi Partai Aceh ini dalam diskusi yang dihadiri para aktivis mahasiswa dan elemen sipil ini.

Demikian juga dengan hasil kajian elemen sipil terkait berbagai kebijakan di Aceh.“Hasil kajian tadi tolong disampaikan ke kami. Sampaikan kepada kami dalam bentuk naskah akademiknya sehingga kami paham dan bisa menyampaikan di dewan,” kata mantan aktivis mahasiswa ini.

Harapan serupa juga disampaikan kepada para aktivis mahasiswa. Mahasiswa dinilai perlu kembali ke gerakan parlemen jalanan untuk mengingatkan pemerintah jika ada kebijakan yang keliru. Sejak dulu, kata Iskandar, Darussalam dikenal dengan gerakan mahasiswa Aceh. Gerakan ini harus kembali dihidupkan mengawal pemerintahan yang pro rakyat.

Pola- pola untuk mengawal pergerakan ideology politik supaya tidak lari menjadi pragmatis ini harus diintensifkan oleh semua komponen masyarakat, terlebih civil society. “Harapan besar masyarakat, adanya pergeseran gerakan menuju perubahan sehingga apa yang kita sampaikan dalam setiap kesempatan tidak hanya menjadi mimpi semata. Tugas semua kita mengawal dan membinbing ini,” ujarnya.

Sementara itu, aktivis pro demokrasi, TAF Haikal, mengatakan dirinya sepakat jika elemen sipil Aceh bersatu untuk memberikan masukan-masukan yang berarti untuk Pemerintah Aceh. Saat elemen sipil berbeda pandangan dalam satu isu, bukan berarti tak bisa kembali bertemu diisu lainnya. “Jadi pandangan seperti ini perlu digagas ke depan,” katanya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply