Ketua APINDO Aceh: Pasar dalam Negeri Bagi Aceh Tak Menjanjikan

BANDA ACEH – Ketua Assosiasi Penguasaha Indonesia Wilayah Aceh, Dahlan  Sulaiman menilai saat ini pasar dalam negeri tak lagi menjanjikan bagi pengembangan perekonomian Aceh, terlebih untuk mengundang investor dalam negeri.

"Kita kalah bersaing dengan Pulau Jawa bahkan dengan Medan sekalipun. Tapi bila untuk pasar luar negeri iya kita punya peluang," ulas Dahlan dalam acara Aceh Investment Summit 2012, yang digelar rabu, 12 Desember 2012.

Untuk pasar luar negeri Aceh sangat dekat negara-negara sahabat, seperti Malaysia, Thailand dan India. Itu lebih mudah mengirim komoditi dari pada ke Pulau Jawa. Dan menurutnya investor asing lebih tepat menjadi sasaran bagi pemerintah Aceh dari pada mencari investor dalam negeri.

Secara aturan kata Dahlan, Aceh sangat ramah terhadap investor. Bila ada yang mengatakan regulasi menyulitkan investor ia membantah.

"Kita penya Undang-Undang Nomor 35 tentang Penanaman Modal, kemudian kita punya Qanun nomor 5. Semua aturan sudah ada di sana," katanya.

Dahlan termasuk salah satu tim penyusun Qanun nomor 5 tentang penanaman modal yang saat ini akan direvisi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Aceh.[]
 

  • Uncategorized

Leave a Reply