Ketua AJI Indonesia: Tindakan Oknum TNI Pukul Wartawan Itu Kriminal

BANDA ACEH – Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Eko Maryadi mengecam tindakan pemukulan dan penganiayaan wartawan oleh TNI AU yang terjadi di Riau, Selasa 16 Oktober 2012. Dia menilai, tindakan yang dilakukan oknum TNI tersebut tidak manusiawi.

"Minta maaf hanya menunjukkan niat baik, tapi itu tidak cukup. Pemukulan dan penganiayaan adalah tindakan pidana atau kriminal," ujar Eko, Rabu 17 Oktober 2012.

Kata dia, Panglima TNI harus memperoses pelaku kekerasan sesuai hukum dan Undang-undang Pers.
"Apapun pangkatnya. Itulah esensi prajurit TNI yang profesional dan melindungi rakyat," katanya, melalui pesan singkat kepada ATJEHPOSTcom.

Sebelumnya, Ketua AJI Indonesia ikut serta dalam demo wartawan di Banda Aceh. Demo tersebut dilakukan puluhan wartawan dari lintas organisasi di depan Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Mereka mengecam penganiayaan terhadap sejumlah wartawan di lokasi jatuhnya pesawat TNI AU di Riau.

Tidak hanya berorasi, para jurnalis dari AJI, PWI, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) serta organisasi wartawan lainnya juga melakukan aksi pengumpulan perangkat kerja berupa kamera dan id card, serta barang lainnya.(bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply