Kesulitan Bahan Baku, Pengusaha Mebel Terancam Gulung Tikar

BANDA ACEH – Banyak pengusaha mebel yang gulung tikar akibat sulitnya mendapatkan bahan baku untuk keperluan pembuatan perabot rumah tangga.

Sulitnya mendapatkan bahan baku ini sudah mereka rasakan sejak 2006,  saat itu hampir sebagian panglong yang ada di Banda Aceh kena razia oleh polisi untuk mencari kayu selundupan.

Kondisi ini berimbas ke pengusaha mebel. Terutama dalam  mencari kayu sebagai bahan utama untuk membuat mebel perabot.

Kesulitan mencari bahan baku ini dikeluhkan Saiful, pengusaha mebel daerah Kaju. Karena kesulitan mendapatkan bahan baku, membuat dirinya jarang beraktifitas. Untuk mengatasi agar pasokan kayu ketempat usahanya yang makin langka, membuat dirinya mencari kayu ke panglong yang ada di luar kota banda aceh seperti Lhokseumawe dan Bireun, dan pidie.

“Beginilah bang kondisi kami sekarang ini, mau bagaimana lagi, kami terpaksa mencari bahan baku hingga keluar, kalau hanya mengharapkan yang ada di kawasan ini sulit memenuhi kebutuhan permintaan pelanggan,” katanya.

Meski biaya operasional bertambah karena harus mencari bahan ke daerah lain, namun tidak terlalu bermasalah karena harga mebel bisa  dinaikkan untuk menutupi biaya operasional tersebut.

”Kondisi seperti ini yang mampu bertahan hanya pengusaha besar kalau pengusaha kecil kebanyakan sudah gulung tikar, mereka mencari pekerjaan lain karena tidak mampu bertahan. Jika dulu abang kemari berderetan pengusaha perabot (mebel), tapi sekarang tinggal satu dua," katanya

Sulitnya mencari bahan baku untuk perabot juga dirasakan oleh Ridwan, pengusaha mebel lainnya. "Saya terpaksa menaikkan harga perabot agar tidak rugi, jika tetap bertahan dengan harga lama tentu akan membuat rugi karena biaya kami bertambah,” katanya.

Ditempat usaha Bang Wan ini mebel yang dibuat antara lain kursi, ranjang lemari, dan lain-lain. “Kebanyakan di sini orang pesanan, setelah dipesan baru kami buatkan seperti permintaan konsumen dan modelnya pun bermacam-macam,” kata Ridwan.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply