Kesehatan Nelson Mandela membaik

MANTAN Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela (94 tahun) tampaknya mulai menujukkan pemulihan dari penyakit infeksi paru-parunya.

Dikutip dari laman ABC, Minggu 16 Juni 2013, hal itu ditegaskan cucunya, Mandla Mandela, setelah mengunjungi pahlawan anti-apartheid tersebut di rumah sakit Pretoria.

Mandla Mandela, yang ditemui di sebuah pemakaman di Qunu, bagian timur negara tersebut, mengatakan bahwa kakeknya tampak pulih dan lebih baik kondisinya setelah dirawat seminggu. "Ini memberi kita harapan bahwa ia akan segera pulih," ujarnya.

"Saya berterima kasih kepada bangsa dan dunia yang mau berdoa untuk Madiba. Juga kepada dokter dan ANC yang telah menjaga keluarga kami," tambah Mandla.

Pada Kamis lalu, pemerintah Afrika Selatan menyatakan bahwa Mandela terus pulih namun kondisinya tetap serius.

Mandela dilarikan ke RS pada Sabtu dini hari pekan lalu karena penyakit infeksi paru-parunya kambuh. Sebelum dirawat di RS, Mandela telah berjuang melawan penyakitnya itu saat berada di rumahnya di Johannesburg. 

Mantan Presiden Afsel periode 1994-1999 itu mulai menderita sakit saat berada di balik jeruji besi selama 27 tahun dan melakukan kerja paksa di tambang. Dia juga sempat terserang TBC di tahun 1980an saat ditahan di Pulau Robben. 

Mandela mulai jarang muncul di hadapan publik sejak mengumumkan pensiun dari dunia politik di tahun 2004. Dia muncul kali terakhir saat Afsel menjadi tuan rumah piala dunia di 2010 silam. 

Meskipun Mandela telah lama meninggalkan panggung politik dan belum pernah terlihat di depan umum sejak 2010, ia tetap menjadi simbol perjuangan dalam kehidupan di Afrika Selatan. | sumber : viva

  • Uncategorized

Leave a Reply