Keren! Sekolah Menulis Dokarim buat Pesantren Kilat

SEKOLAH Menulis Dokarim akan membuka kelas khusus penulisan selama bulan Ramadan 1434 H. Acara yang dikemas dalam paket “Pesantren Kilat Dokarim” ini akan dilaksanakan sejak tanggal 15 hingga 19 Juli 2013.

Perwakilan Dokarim, Rizki, melalui rilis yang diterima ATJEHPOSTcom hari ini, Selasa, 25 Juni 2013 mengatakan pesantren kilat ini akan dilaksanakan setiap hari Senin sampai dengan Jumat, yaitu sesi belajar di kelas pada pukul 10:00-12:00 WIB dan sesi belajar mandiri di pustaka Dokarim pada pukul 12:00 -6:00 WIB.

“Pesantren Kilat Dokarim adalah suatu kelas khusus setara kelas tingkat lanjut di mana pesertanya akan mendapatkan pengetahuan tentang membaca, menulis, menonton, dan kajian pustaka,” ujarnya.

Kelas ini dibuka untuk pelajar dan mahasiswa, jumlah pesertanya dibatasi, tidak dipungut biaya, dan bagi yang berminat dapat mengunduh formulir pendaftaran dan isian biodata di situs www.tikarpandan.org.

Sekolah Menulis Dokarim didirikan pada tahun 2003 pada awal Darurat Militer di Aceh oleh pekerja kebudayaan yang terhimpun dalam anggota jaringan Liga Kebudayaan Komunitas Tikar Pandan. Sekolah Menulis Dokarim merupakan sebuah “Rumah Latihan”, berbentuk sekolah (sekolah dalam pengertian sejati: waktu luang) dengan konsep pendidikan alternatif dan kurikulum pendidikan kritis.

Sekolah Menulis Dokarim tak hanya mengajarkan teknik menulis kreatif, melainkan juga pengetahuan umum lainnya, seperti: analisis sosial, filsafat umum, sejarah kritis, metodologi riset yang antiekploitasi atas subjek, antropologi dan etnografi (kami lebih suka menyebutnya: kampunggrafi), dan studi kebudayaan. Metode belajar berdasarkan dialog antarpeserta dengan peserta dan peserta dengan fasilitator. Dengan memanfaatkan pula medium rekam-gambar. Hasil karya siswa Sekolah Menulis Dokarim terbit dalam beragam bentuk tulisan di media massa, buku, dan objek kreasi lainnya.[] ihn

  • Uncategorized

Leave a Reply