Kepala Badan Dayah Bireuen Boleh Bekerja Rangkap Jabatan

KEPALA Badan Pembinaan dan Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen, DR Saifullah sejak lama diketahui bekerja rangkap sebagai Direktur Institut Agama Islam (IAI) Almuslim. Tetapi yang bersangkutan sepertinya tidak tersentuh oleh Pemkab Bireuen. 

Hal itu telah lama pula menjadi sorotan berbagai kalangan. Rata-rata pendapat menilai dengan merangkap jabatan, seorang pejabat setingkat eselon II akan sangat sulit untuk membagi waktunya, selain kurang fokus untuk menyukseskan program Pemkab Bireuen.

Wakil Bupati Bireuen, Ir Mukhtar M.Si yang diwawancara usai membuka workshop falakiah kepada santri Bireuen, Senin 19 Mei 2014 mengatakan secara aturan Pemkab Bireuen tegas melarang pejabat Pemkab Bireuen bekerja di lembaga lain, terlebih pada jam dinas.

”Tetapi terkadang seperti buah simalakama, Pemkab Bireuen masih membutuhkan tenaganya sehingga belum diganti, lihat kiri lihat kanan juga belum ada sosok yang layak untuk menggantinya, ini menjadi sebuah dilema,” ucap Mukhtar.

Wakil Bupati mengatakan sejauh yang bersangkutan masih mampu dan bisa melaksanakan tugas yang diperintahkan, maka tidak ada masalah. Pemkab Bireuen sebenarnya melarang hal demikian, tetapi ada satu dua orang yang dipertimbangkan tidak diberi sanksi.

Soal pejabat yang bersangkutan mendua hati dengan bekerja di tempat lain pada jam dinas, Mukhtar enggan memberi penjelasan lebih lanjut. ”Selama tugas-tugasnya di lapangan berjalan baik, maka yang bersangkutan kita pertimbangkan,” katanya.

Sementara Kepala BKPP Kabupaten Bireuen, Drs M Isa MM menegaskan, sesuai dengan perintah Bupati Bireuen H Ruslan M Daud, setiap pejabat bahkan pegawai Pemkab Bireuen dengan tegas dilarang bekerja di tempat atau lembaga lain pada jam dinas.

”Bupati sudah menyampaikan hal itu kepada pejabat dalam sebuah rapat, tetapi mengapa belum ada pejabat yang diberi sanksi padahal diketahui dan tercatat bekerja di lembaga lain, nama pejabat-pejabat yang merangkap itu masih dijajaki untuk selanjutnya ditindak,” ucap M Isa. []

  • Uncategorized

Leave a Reply