Kementerian Pendidikan Siapkan Sanksi Tegas Bagi Sekolah Pembocor Soal Ujian Nasional

BANDA ACEH- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, dilaporkan telah menyiapkan sanksi tegas bagi sejumlah guru dan Kepala Sekolah (Kepsek) yang kedapatan membocorkan jawaban Ujian Nasional (UN) 2013 nanti. Namun terkait sanksi apa yang akan diterapkan, Kemendikbud masih merahasiakannya.

“Kita akan memberikan sanksi tegas bagi guru dan Kepsek yang berbuat curang di UN 2013. Soal sanksi apa ! Nanti akan kita lihat sejauh mana kesalahan yang diperbuat,” ujar Wakil Menteri Pendidikan Kebudayaan (Wamendikbud) Republik Indonesia, Profesol Musliar Kasim, Sabtu 5 Januari 2013 lalu, kepada ATJEHPOSTcom.

Menurutnya, penerapan sanksi ini merupakan salah satu langkah tegas yang akan diambil oleh Kemendikbud setelah adanya kesepakatan perubahan sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dimana, hampir 60 persen calon mahasiswa yang akan diterima oleh PTN di Indonesia harus melalui sistem ini.

Perubahan sistem penerimaan SNMPTN ini merupakan hasil keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh, dengan para rektor universitas se Indonesia, beberapa waktu lalu. Calon mahasiswa yang masuk melalui sistem ini tidak akan dikutip iuran apapun alias gratis selama masa mendaftar, serta seleksi berdasarkan nilai rapor siswa.

Semuanya ditanggung oleh negara. Oleh karena itu, Kemendikbud tidak akan memberikan toleransi bagi sekolah yang melakukan kecurangan,” kata Profesol Musliar.(mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply