Kejar Setoran, Lebaran Idul Adha Karyawan Leasing Adira Langsa Tetap Bekerja

LANGSA – Pada umumnya hari pertama Raya Idul Adha 1433 Hijriyah, Jumat, 26 Oktober 2012, karyawan swasta maupun pemerintah diberikan waktu libur, tapi hal itu tidak berlaku pada perusahaan leasing Adira di Kota Langsa. Karyawan atau tenaga kontraknya perusahaan tersebut diperintahkan wajib bekerja seperti hari-hari biasa.

"Kebijakan untuk tetap bekerja ini langsung turun dan diperintahkan oleh Kepala Cabang Adira," ujar seorang karyawan yang tidak mau disebutkan namanya kepada ATJEHPOST.com.

Waktu masuk pekerja, kata karyawan itu, diperlambat sekitar satu jam yaitu pukul 09.00 WIB pagi dari hari biasa sekitar pukul 08.00 WIB, usai salat idul Adha. Namun, kata dia, waktu pulang kerja tetap tidak berubah yaitu sekitar pukul 17.00 WIB.

Menurutnya, sebagian besar pekerja tidak setuju atas kebijakan tersebut. "Namun kami terpaksa bekerja, apabila tak mengikuti aturan kami akan dipecat," ujarnya.

Pantauan ATJEHPOST.com, kecuali Adira, seluruh leasing di Kota Langsa, pada hari pertama Idul Adha meliburkan karyawan, walaupun hanya sehari.

Kepala Cabang Adira Langsa, Rino, kepada wartawan, mengakui bahwa kerja di hari pertama lebaran Idul Adha merupakan kemauan karyawan dan tenaga kerja kontrak Adira.

Hal ini, kata Rino, karena mereka akan tutup buku, sehingga harus mengerjar target setoran atau kutipan kredit pada konsumen yang dibebankan kepada masing-masing pekerja.

Menurutnya pada hari pertama lebaran ini seluruh cabang Adira sama seperti perusahaan lainnya telah menetapkan libur bagi semua pekerjanya.

"Namun untuk Leasing Adira Langsa, karena pertimbangan permintaan dan kejar target karyawan serta tenaga kerja kontrak, jadi memutuskan untuk tetap bekerja walaupun pada hari libur," ujarnya.[](rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply