Kecanduan Internet Resmi Dikategorikan Penyakit Mental

INTERNET sudah menjadi bagian kehidupan modern. Di kantor, di rumah bahkan di kamar tidur, banyak orang yang merasa harus selalu terhubung dengan internet. Hati-hati dengan kebiasaan ini, alih-alih terkoneksi Anda bisa terserang penyakit kecanduan internet.

Ensiklopedia internasional Diagnostik dan Statistik Manual Gangguan Mental (DSM-IV) telah memasukkan kecanduan internet menjadi salah satu penyakit. Gangguan mental ini disebutkan perlu penelitian lebih lanjut.



Para psikolog mengatakan bahwa kecanduan internet sangat mirip gejalanya dengan gejala untuk kecanduan lainnya. Hal ini menyebabkan depresi emosional, kesulitan konsentrasi, dan menimbulkan sikap apatis.



Seseorang yang berselancar berlebihan di internet akan lebih suka berada di depan layar komputer, gadget atau tablet daripada bertemu langsung dengan orang lain. Kadang-kadang kecanduan internet bisa berakibat mematikan.

Beberapa waktu lalu, seorang penggemar internet di Taiwan yang menghabiskan waktu di depan komputer selama 40 jam nonstop ditemukan tewas. 



Mengutip Genius Beauty, Australia adalah salah satu negara pertama yang mengakui bahwa kecanduan internet merupakan penyakit. Ahli setempat percaya bahwa kelompok yang paling berisiko meliputi anak-anak, yang memang sangat doyan pada game komputer.| sumber: viva.co.id

  • Uncategorized

Leave a Reply