Ke Sabang, Dua Warung Makan Ini Wajib Dikunjungi

SABANG – Sebagai daerah kawasan wisata, mencari tempat makan di Kota Sabang tidaklah terlalu sulit. Untuk makan siang misalnya, ada beberapa tempat makan yang patut dijajal saat berwisata ke daerah tersebut.

Dari pusat kota kita bisa langsung menuju pesisir dermaga perikanan Pasiran Kecamatan Sukakarya Sabang. Di sana kita akan melihat sebuah warung mungil yang hanya terbuat dari kayu seadanya namun di balik itu menu yang disajikan cukup membuat lidah bergoyang.

Masakan khas pesisir Aceh terasa sangat menggoda, Asam Keueng (asam pedas) dan Gulai Eungkoet Grapu (Kuah ikan grapu) menjadi menu favorit di siang hari.

Kedai tersebut milik Kak Aya, 45 tahun, warung tersebut sudah sangat dikenal masyarakat Sabang khususnya kalangan nelayan dan pegawai Negeri Sipil. Selain masakannya murah meriah menunya pun berkelas dan salah satu kelebihan warung tersebut adalah lokasinya dengan View dermaga yang langsung dapat kita nikmati tanpa halangan apapun.

"Sudah lima tahun lebih saya membuka warung di sini dan biasanya mereka datang makan di sini walau ada juga yang merantang khususnya para PNS," ujar kak Ayu pada The Atjeh Post.

Sementara itu bila ingin suasana lebih elit dengan menu yang lebih beragam maka rumah makan Perkasa bisa jadi pilihan. Di sini tidak sedikit dari pejabat daerah yang datang untuk makan siang terutama para tamu elit yang bertandang ke Sabang.

Di rumah makan ini menunya cukup beragam, mulai dari ikan bakar, gulai khas aceh, kuah leumak (sayur santan), gulai keumamah (sayur ikan kayu) dan sejumlah menu lainya.

Warung yang dikelola secara kekeluargaan tersebut sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Lokasinya sangat strategis yakni tepat di persimpangan Jalan Perdagangan Kota Sabang.

"Biasanya kalau siang seperti ini banyak yang datang para pegawai termasuk masyarakat, hidangan yang kita sajikan pun sesuai pilihan yang pelanggan inginkan," ujar salah seorang pelayan di warung tersebut.

Selain rumah makan Perkasa di sepanjang Jalan Perdagangan Kota Sabang sendiri saat ini banyak warung-warung nasi lain dengan menu yang beragam hingga warung yang khusus menyajikan masakan khas Padang.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply