Kautsar: Debat Capres Monoton!

Juru Bicara Tim Pemenangan Prabowo-Hatta Aceh, Kautsar Muhammad Yus, menuturkan bahwasanya acara debat capres dan cawapres yang disiarkan langsung lewat siaran televisi berlangsung monoton. Menurutnya, pertanyaan yang diajukan kepada kedua kandidat capres ini cenderung normatif.

“Jujur acara debat bersifat monoton, pertanyaannya juga cenderung normatif yang kadang kala kurang bersentuhan langsung terhadap kebutuhan masyarakat,” kata Kautsar kepada  ATJEHPOST.com saat nonton bareng debat capres dan cawapres yang berlangsung di Posko Pemenangan Prabowo-Hatta di Lampriet, Banda Aceh, 9 Juni 2014 pada Senin Malam, pukul 22:30 WIB.

Kautsar menilai, pertanyaan yang diajukan kepada Prabowo-Hatta belum bersentuhan dengan  keinginan dan aspirasi rakyat terhadap nasib Indonesia dalam lima tahun mendatang.

“Andai saya jadi Prabowo, maka saya pasti akan mengajukan pertanyaan yang sama pada Jokowi-JK tentang sikapnya dalam penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu, termasuk Aceh,” ujarnya lagi.

Pernyataan Kautsar yang terakhir ini menanggapi adegan ketika Jusuf Kalla mempertanyakan soal bagaimana menjawab masalah HAM di masa lalu. Menanggapi pertanyan itu, Prabowo menjawab,"Saya sekian puluh tahun menjadi abdi negara, membela hak asasi manusia. Saya mencegah kelompok radikal yang mengancam hak hidup orang yang tidak bersalah. Jadi saya menghadapi perakit bom, huru-hara karena merupakan kewajiban saya untuk melindungi warga."

Prabowo juga menegaskan bahwa ia selalu bertanggung jawab dalam masalah HAM. Ia mencontohkan sebagai prajurit, ia selalu mengunjungi daerah yang sulit dijangkau untuk melindungi kepentingan orang yang lebih banyak. Prabowo mengatakan bahwa ia tidak pernah ragu dalam menangani masalah HAM.

Kalla lalu membalasnya dengan mengatakan bahwa pelanggaran HAM bukan hanya karena bom tetapi juga masalah lain. Kalla kemudian mempertanyakan bagaiamana penilaian atasan Prabowo dalam menyelesaikan masalah HAM waktu itu.

Menjawab pertanyaan itu, Prabowo menjawab, "Saya mengerti arah bapak mau ke mana, tapi tidak apa-apa," katanya.

Prabowo lalu kembali menegaskan bahwa ia telah melakukan tugas perlindungan HAM di masa lampau. Mengenai pertanyaan tentang penilaian atasan, Prabowo menjawab," Tanyalah atasan saya saat itu."

Klik di tautan ini untuk menonton video pertanyaan soal HAM ini. []

  • Uncategorized

Leave a Reply