Kata Kapolres tentang Kerusuhan di Aceh Tengah

KAPOLRES Aceh Tengah, AKBP Artanto mengatakan, situasi keamanan di daerahnya kembali normal, setelah sempat terjadi amuk massa yang merusak dua unit mobil dan membakar satu sepeda motor di Takengon sekitar pukul 23.00 WIB, Selasa, 18 Maret 2014. 

“Kini situasi keamanan Alhamdulillah sudah membaik dan terkendali. Aktivitas masyarakat berjalan normal,” katanya seperti dilansir suarapembaruan.com 

Ratusan orang merusak dua unit mobil beratribut Partai Aceh di ruas jalan di Takengon, ibu kota Kabupaten Aceh Tengah atau berjarak sekitar 400 kilometer dari Kota Banda Aceh.

Menurut Kapolres, kemudian massa mendatangi kantor Partai Aceh di jalan Simpang Waringin Takengon, selanjutnya mengeluarkan satu unit sepeda motor dari dalam kantor itu, dan membakarnya.

AKBP Artanto menjelaskan laporan sementara menyebutkan peristiwa tersebut berawal dari ketersinggungan warga dari kelompok Pembela Tanah Air (PETA) terhadap isi kampanye yang disampaikan jurkam Partai Aceh.

“Dari kejadian itu berujung ‘sweeping’ yang dilakukan PETA dan kemudian merusak serta membakar sepeda motor milik anggota Partai Aceh,” katanya.

Sementara itu, informasi lain juga menyebutkan bahwa aparat kepolisian sempat melepaskan tembakan untuk membubarkan sweping massa terhadap anggota Partai Aceh di Takengon.

Kemudian massa yang ikut membawa alat-alat seperti parang mendatangi kantor Partai Aceh di Simpang Waringin Takengon, kemudian mengeluarkan seunit motor serta barang-barang lainnya dari dalam kantor tersebut, dan membakarnya.

Tidak hanya di Aceh Tengah, massa kemudian bergerak hingga ke Bener Meriah, di kawasan tersebut orang-orang juga membakar isi kantor Partai Aceh.

Suasana di Aceh Tengah, khususnya Takengon dilaporkan sempat mencekam hingga dini hari.

Sementara Kabag Humas dan Protokol Sekdakab Aceh Tengah Mustafa Kamal menjelaskan bahwa aktivitas perkantoran pada Rabu berjalan normal, termasuk juga kegiatan belajar dan mengajar seperti di Takengon.[] sumber: suarapembaruan.com

 

  • Uncategorized

Leave a Reply