Kasus kekerasan terhadap wartawan di Aceh Utara diminta diproses hukum

BERBAGAI kecaman atas tindakan tidak terpuji oknum anggota kepolisian terus terjadi. Komunitas Demokrasi Aceh Utara (KDAU) mengecam dan meminta kasus yang menimpa Zulkifli Anwar wartawan ATJEHPOSTcom diproses secara hukum.

“Kami meminta pihak Kapolres Aceh Utara untuk menyelesaikan kasus ini secara hukum demi terciptanya hukum yang berkeadilan di Aceh. Dan yang paling penting juga Kapolri harus terus memperkuat program-program reformasi sektor keamanan di Indonesia sehingga ke depan kasus serupa tidak dialami oleh insan pers,” ujar Muhammad Usman, Koordinator KDAU kepada ATJEHPOSTcom, Sabtu, 27 Juli 2013.

Ia menilai kekerasan yang menimpa Zulkifli Anwar, pada Jumat, 26 Juli 2013, menambah luka bagi kebebesan pers di Indonesia. Dia mengatakan kebebasan pers kembali dikekang, suasana ini harus dimaknai pola-pola menghambat demokrasi yang sedang berkembang di Indonesia.

Harus dipahami media merupakan salah satu unsur pilar demokrasi yang ada, bila pilar media dikekang dan dizalimi hak asasinya maka pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers sudah dilanggar.

Usman yang akrab disapa Osama juga menjelaskan dalam ketentuan UU pers pada Pasal 4 ayat 1 disebutkan kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara.

“Sudah sangat jelas amanah undang-undang ini, dan semestinya pihak kepolisian justru sebagai penegak hukum harus menjalankan undang-undang ini bukan malah melakukan perbuatan yang menghambat kemerdekaan pers, kejadian terhadap Zulkifli Anwar merupakan polarisasi dari pengekangan pers di Indonesia,” tuturnya.

Data yang dirilis oleh Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) dalam periode Mei 2012 hingga April 2013 sudah terjadi 56 kasus kekerasan terhadap jurnalis.

“Perlakukan kekerasan baik dalam bentuk fisik maupun non fisik terhadap insan pers harus disadari merupakan bahagian dari pelanggaran hak asasi manusia. Semua warga negara harus diperlakukan dengan baik tanpa melanggar nilai-nilai kemanusiannya,” ujar Osama yang juga aktivis HAM di Aceh. [](bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply