Kasus Irshad Manji, Kapolsek Pasar Minggu Dilaporkan ke Propam

Komunitas Salihara melaporkan Kapolsek Pasar Minggu, Kompol Adri Desas Furyanto, SH ke Devisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri. Adri dilaporkan terkait kerusahan pada diskusi buku Irshad Manji, ‘Allah, Love and Liberty’.

Selain Kapolsek Pasar Minggu, dalam surat bernomor 13/KS/ND/05/2012 itu juga tersebut nama Kapolres Jakarta Selatan Kombes (Pol) Drs. Imam Sugiyanto MSi. Adri dan Imam dilakorpkan ke Propam Polri pada Kamis, 10 Mei 2012. Keduanya diadukan oleh Komunitas Salihara atas dugaan memihak secara tidak adil kepada kelompok yang membubarkan diskusi buku Irshad Manji Allah, pada Jumat, 4 Mei 2012 pukul 19.00 WIB.

Komunitas Salihara juga menilai Kapolsek Pasar Minggu dan Kapolres Jakarta Selatan tidak profesional. Menurut Salihara, pihak polisi sengaja membiarkan kelompok pendemo masuk ke pekarangan Komunitas Salihara, merusak pagar, dan mengganggu ketertiban.

Dalam siaran tertulisnya, Komunitas Salihara menyatakan pihak Kapolsek secara sewenang-wenang  membubarkan diskusi yang merupakan hak warga negara yang dijamin oleh UUD 45. Salihara juga mengaku bahwa pihak polisi menintimidasi jika diskusi tidak bubar, Kapolsek akan pulang dan tidak menjamin keamanan  di lokasi, dan mengancam akan membawa paksa pembicara dan peserta diskusi yang tidak mau bubar.[]

RILIS

  • Uncategorized

Leave a Reply