Kapolres Lhokseumawe: Proses Hukum Tetap Berjalan, Tri Juanda Wajib Lapor

POLRES Lhokseumawe akan tetap memproses jalannya hukum terhadap Tri Juanda pasca dibebaskan dari penahanan pada siang tadi, Selasa, 11 November 2014.

"Kami melepas Tri Juanda setelah adanya jaminan dari HMI setelah melakukan sosialisasi dengan mereka. Namun status Tri Juanda masih dalam penangguhan," ujar Kapolres Lhokseumawe, AKBP Cahyo Hutomo, ketika diwawancarai ATJEHPOST.co via telepon seluler, Selasa, 11 November 2014.

Ia mengatakan Tri Juanda kini telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kerusuhan di kompleks PT. Arun. Polisi akan terus memantau aktivitas dan gerak gerik Tri Juanda meski ia sekarang sedang berada di luar tahanan. Pasalnya, kata AKBP Cahyo lagi, proses hukum harus tetap berjalan karena Indonesia merupakan negara hukum yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

"Jadi selaku warga yang baik kita mesti patuh terhadap hukum. Sebenarnya Tri Juanda sebelumnya masih ada kesempatan untuk melakukan pendekatan persuasif dan sosialisasi dengan kami selaku pihak berwajib. Namun kita juga harus menghargai proses jalannya demokrasi meskipun tindakan Tri Juanda ini agak sedikit melenceng dari aturan hukum," katanya.

Ia mengaku akan terus melakukan sosialisasi dengan anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lhokseumawe maupun Aceh serta keluarga Tri Juanda. Hal ini diperlukan untuk mencari solusi alternatif terkait kasus yang menimpa Tri Juanda.

"Sosialisasi ini akan terus kita lakukan untuk menjalin silaturrahmi. Begitu juga status Tri Juanda sekarang juga diwajibkan melapor, minimal tiga kali dalam seminggu," ujarnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply