Home Kampus UIN Ar-Raniry Gelar Workshop Manajemen Percetakan

UIN Ar-Raniry Gelar Workshop Manajemen Percetakan

117
0

BANDA ACEH – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Percetakan UIN Ar-Raniry menggelar workshop penguatan manajeman kelembagaan percetakan di Aula Pascasarjana UIN, Banda Aceh, Jumat, 2 Oktober 2015.

“Percetakan penerbitan yang berkualitas adalah bagian dari peningkatan status akreditasi Universitas. Selain itu akan merangsang para akademisi untuk menuangkan pemikiran dalam sebuah jurnal yang berkualitas,” kata Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, M.A., dalam sambutannya.

Menurut Farid, mutu kemasan buku hasil percetakan dan penerbitan menjadi tolak ukur para akademisi, baik lokal ataupun internasional untuk menerbitkan pemikirannya.

“Ini bukan hanya berguna secara kelembagaan UIN Ar-Raniry, tapi Aceh secara umum jika pemikiran akademisi dalam jurnalnya menyinggung soal peningkatan perekonomian, pertanian, dan sektor lainnya,” ujar Farid.

Kegiatan dua hari, 2-3 Oktober 2015, itu diperuntukan bagi jajaran akademisi, perwakilan penerbitan, dan mahasiswa. Workshop tersebut menghadirkan Direktur Institut Pertanian Bogor Press, Dr. Ir. H. Elang Ilik Martawijaya, M.M., dengan materi “Pola Manajemen Modern Percetakan Universitas dan Standar Mutu dan Teknik Pengelolaan Percetakan Berkualitas”, Direktur Utama PT Balai Pusaka, Saiful Bahri, S.E., M.M., yang memaparkan materi “Pemasaran Hasil Produk Penerbitan dan Percetakan secara Nasional”.

Berikutnya, Eka Saputra, S.Sos.I., menyampaikan materi “Disain Grafis dan Layout untuk Penerbitan dan Percetakan”, dan Muliadi Kurdi dengan materi “Standar Mutu Karya Ilmiah untuk Penerbitan dan Percetakan”.

Ketua panitia, Dr. Anton Widyanto, M.Ag., mengatakan, workshop yang menghadirkan para pemateri pelaku penerbitan nasional itu untuk merangsang penulis berkarya. Kata dia, pihak penerbit juga membuka diri kepada peserta untuk mengirimkan karya-karya terbaiknya.[]