Home Kampus Rektor Surati Menteri Kembalikan Nama Zawiyah Cot Kala Langsa

Rektor Surati Menteri Kembalikan Nama Zawiyah Cot Kala Langsa

108
0

LANGSA – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa kembali menyurati Menteri Agama RI meminta supaya nama lembaga pendidikan tersebut diubah menjadi IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Hal itu disampaikan Rektor IAIN, Dr. H. Zulkarnaini, MA melalui Humas, Mulyadi Nurdin, Lc, MH, Rabu, 8 Juli 2015.

Mulyadi mengatakan Rektor IAIN sudah sudah dua kali mengirim surat kepada Menteri Agama untuk merevisi Perpres Nomor 146 tahun 2014 supaya menabalkan kembali nama Zawiyah Cot Kala Langsa pada lembaga pendidikan tersebut. Surat pertama dikirim pada 12 Desember 2014 dengan nomor surat: Sti.34/I/PP.00.9/2045/2014, dan sekarang dikirim lagi surat dengan nomor: In.29/I/PP.00.9/0282/2015, tanggal 3 Juli 2015.

“Ini merupakan bukti keseriusan Rektorat terkait pengembalian nama Zawiyah Cot Kala pasca peningkatan status dari STAIN menjadi IAIN,” ujar Mulyadi Nurdin mengutip penjelasan Rektor.

Mulyadi mengatakan surat kali ini langsung ditujukan kepada Menteri Agama dan diantar oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Drs. H. Basri Ibrahim, MA, serta Kepala Biro AUAK, Drs. Ibnu Sa’dan, M.Pd ke Jakarta.

“Surat sudah diantar ke Jakarta Selasa kemarin oleh Wakil Rektor dan Kepala Biro,” ujar Mulyadi Nurdin.

Mulyadi Nurdin mengatakan salah satu alasan dilayangkannya kembali surat kepada Menteri Agama adalah karena surat permohonan yang dikirim sebelumnya, belum mendapatkan jawaban tertulis dari menteri. Padahal secara lisan dan administrasi, nama Zawiyah Cot Kala sudah digunakan oleh Menteri Agama.

“Pihak Kementerian Agama dalam berbagai kegiatan administrasi dan surat menyurat kedinasan selama ini tetap menggunakan nama IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, ini merupakan bentuk persetujuan, misalnya dalam Surat Keputusan pengangkatan Rektor dan Kepala Biro AUAK dengan resmi dicantumkan nama IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa,” ujar Mulyadi.

Pihak Rektorat optimis usulan penabalan kembali nama Zawiyah Cot Kala Langsa dalam Peraturan Presiden akan disetujui. Dia mengharapkan dukungan dari semua pihak supaya proses tersebut berjalan lancar.

“Zawiyah Cot Kala memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi masyarakat Aceh, makanya Rektor sangat serius memperjuangkan kembali nama tersebut, untuk itu diperlukan dukungan dari semua pihak supaya proses ini cepat selesai,” kata Mulyadi Nurdin.[](bna)